Home / Peristiwa / Nasional / Yovie Megananda Nakhodai PERADI Bandung, Togar Situmorang: Selalu Jaga Marwah Advokat
Advokat Haji Yovie Megananda Santosa, SH, MSi, MH, dan Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. (istimewa)

Yovie Megananda Nakhodai PERADI Bandung, Togar Situmorang: Selalu Jaga Marwah Advokat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Perhimpunan Advokat Indonesia Rumah Bersama Advokat (PERADI – RAB) Bandung menggelar Musyawarah Cabang (Muscab), di FOX Harris Hotel City Center Bandung, 22 November 2021.

Muscab ini dihadiri oleh Ketua DPC PERADI – RAB Bandung periode 2017-2021 Dr Musa Darwin Pane, SH, MH, perwakilan Polrestabes Bandung, Kejaksaan Kota Bandung, Pengadilan Negeri Kota Bandung, unsur LSM serta pimpinan organisasi advokat lainnya.

Muscab dengan tema ‘Komitmen Rumah Bersama Advokat Mewujudkan DPC PERADI Bandung Lebih Baik Lagi’, ini secara aklamasi mempercayakan Advokat Haji Yovie Megananda Santosa, SH, MSi, MH, sebagai Ketua DPC PERADI Bandung periode 2021 – 2025.

“Kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Advokat Haji Yovie Megananda Santosa sebagai Ketua DPC PERADI Bandung,” kata Advokat Togar Situmorang, di Denpasar, Jumat 26 November 2021.

Dengan terpilihnya Haji Yovie Megananda Santosa sekaligus suksesnya pelaksanaan Muscab DPC PERADI-RBA Bandung ini, Togar Situmorang mendorong agar para advokat selalu menjaga nama baik dan marwah PERADI, guna membantu masyarakat mencari keadilan.

“Kita berharap agar tetap menjaga marwah advokat sesuai sesuai amanat Undang Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat,” tutur CEO & Founder Law Firm Togar Situmorang ini.

Ia menambahkan, tema yang diusung dalam Muscab ini sangat menarik, karena di dalamnya ada harapan agar dapat meningkatkan kompetensi, integritas advokat.

“Para advokat tentunya diharapkan menjalankan perannya sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan serta dapat membina etika juga agar mampu menjaga amanah officium nobile sebagai profesi mulia,” ujar advokat senior kelahiran Jakarta berdarah Batak yang sudah lama berdomisili di Pulau Dewata itu.

Togar Situmorang pun berharap Haji Yovie Megananda Santosa bersama pengurus DPC PERADI Bandung bekerja keras untuk dapat mengembangkan peranan advokat menjadi Catur Wangsa penegak hukum yang harus dihormati oleh aparat hukum, dari kepolisian kejaksaan kehakiman, untuk bersinergi.

“Advokat adalah primus inter pares, best of the best, maka dibutuhkan
pengembangan untuk lebih berperan memberikan kontribusi bagi masyarakat sehingga profesi ini dapat menghasilkan advokat prima,” kata pemilik Law Firm Togar Situmorang ini.

Yang tak kalah penting, ia juga berharap agar ketua terpilih dan jajaran dapat mengemban amanat Undang Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003. Ini penting dalam rangka melindungi kepentingan publik pencari keadilan.

“Apabila mutu serta profesionalisme advokat merosot, tentu akan merugikan masyarakat, karena akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kepastian hukum,” ucapnya.

Togar Situmorang bahkan secara khusus menggarisbawahi Pasal 5 ayat 1 Undang Undang Nomor 18 Tahun 2003, yang mengamanatkan PERADI sebagai wadah advokat.

“Advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin oleh hukum dan peraturan perundang undangan. Jadi advokat itu sejajar dengan polisi, jaksa dan hakim,” pungkas Togar Situmorang. (KI-01)

Check Also

Pencopotan Dirjen Bimas di Kementerian Agama, Mantan Hakim MK Bersurat Ke Presiden

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia I Dewa Gede Palguna, mengirimkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *