Home / Nusantara / Waspada! Ada Tiga Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Bali
Sekretaris Daerah Provinsi Bali yang juga Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19, Dewa Made Indra. (istimewa)

Waspada! Ada Tiga Tambahan Kasus Positif Covid-19 di Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Masyarakat Bali perlu waspada. Pasalnya, pemerintah mengumumkan adanya penambahan kasus positif virus corona jenis baru atau Covid-19 di daerah pariwisata itu.

“Sampai sore ini (Jumat 20 Maret 2020) sesuai dengan pengumuman pemerintah pusat, ada penambahan tiga orang positif covid-19 di Provinsi Bali, setelah sebelumnya tercatat hanya satu orang positif,” papar Ketua Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Bali Dewa Made Indra, di Press Room Diskominfos Provinsi Bali, di Denpasar, Jumat (20/3/2020).

Sekda Provinsi Bali itu lalu merincikan ketiga orang tersebut, yakni laki-laki 72 tahun warga negara asing (WNA), laki-laki 39 tahun warga negara Indonesia (WNI) dan laki-laki 30 tahun WNI.

Dengan demikian maka total ada empat (4) orang yang positif terinfeksi covid-19 di Bali, yakni dua (2) orang WNA dan dua (2) orang WNI.

“Tim Satgas Penanggulangan Covid-19 Bali telah melakukan langkah-langkah proaktif, yakni segera melakukan tracing sejak pagi tadi, terhadap orang-orang yang pernah kontak dekat dengan pasien positif,” tegas Dewa Indra.

Pasien (WNA 72 tahun), menurut dia, ada satu orang yang dekat. Sudah diambil sampel SWAB-nya untuk uji laboratorium, dan yang bersangkutan sudah dikarantina di rumah. Selanjutnya untuk pasien WNI 39 tahun, sudah dilakukan tracing terhadap 27 orang yang pernah kontak dekat dengan yang bersangkutan dan semuanya sudah diambil sampel SWAB-nya untuk uji laboratorium.

“27 orang tersebut terpantau dalam kondisi sehat dan dikarantina di rumah masing-masing,” urai mantan Kalaksa BPBD Provinsi Bali itu.

Selanjutnya pasien WNI 30 tahun sudah dilakukan tracing dan ditemukan 171 orang yang pernah kontak dengan yang bersangkutan. Semuanya sudah diambil sampel SWAB-nya untuk uji laboratorium dengan karantina di rumah masing-masing.

“Jadi untuk tiga orang yang positif terinfeksi tersebut, sudah dilakukan tracing kontak sebanyak 199 orang. Semuanya secara terus-menerus dipantau dan diberikan informasi, edukasi terkait pencegahan penularan, melakukan karantina mandiri dan melakukan protokol pencegahan dengan baik,” tutur Dewa Indra. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *