Home / Nusantara / Warga Binaan Lapas Kerobokan Ikuti Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat
Warga Binaan Lapas Kerobokan yang mengikuti pelatihan. (istimewa)

Warga Binaan Lapas Kerobokan Ikuti Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kerobokan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali menggelar Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Kerobokan.

Pelatihan bersertifikat ini dilaksanakan dari bulan Januari 2021 sampai dengan bulan November 2021. Pelatihan menghadirkan dua orang instruktur setiap bulannya.

Menurut Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk, teknis pelaksanaan Pelatihan Pembinaan Kemandirian Bersertifikat ini dibagi menjadi 4 tahapan.

“Pada bulan Juli ini telah memasuki tahap kedua, dimana sebelumnya pada tahap pertama WBP diajarkan untuk menyiapkan lahan, sarana dan parasarana yang dilanjutkan dengan pembibitan jenis tanaman sayur kemudian penanaman sayur hijau dan kangkung,” jelas Jamaruli Manihuruk, di Denpasar, Senin 26 Juli 2021.

Pada tahap kedua saat ini, lanjut dia, para warga binaan dilatih untuk menanam tanaman hidroponik. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan ini.

Selama pelatihan, warga binaan diajarkan dari awal proses pembuatan media menggunakan pipa hingga cara perawatan tanaman. Meskipun tergolong baru, warga binaan dengan mudah menyerap ilmu yang dipaparkan instruktur.

“Bertani hidroponik seperti ini bisa menjadi solusi pangan khususnya di dalam lingkungan Lapas. Selain lebih hemat lahan dan waktu, tentunya sayur mayur yang dipanen lebih higienis karena pemeliharan dan perawatannya terjaga dari bahan – bahan kimia,” ujar Jamaruli Manihuruk.

Tak hanya mendapatkan ilmu, warga binaan juga memperoleh sertifikat yang menandakan bahwa mereka mampu dalam membudidaya tanaman dengan metode hidroponik.

“Sertifikat ini nantinya sebagai bekal mereka di luar, bahwa mereka telah dilatih di dalam Lapas untuk menjadi ahli hidroponik,” pungkas Jamaruli Manihuruk. (KI-01)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *