Home / Olahraga / Vietnam Bungkam Timnas Indonesia di Final SEA Games
Timnas Vietnam merayakan kemenangan usai membungkam Indonesia. (istimewa)

Vietnam Bungkam Timnas Indonesia di Final SEA Games

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Laga final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019, mempertemukan Timnas Indonesia U-22 versus Vietnam. Dalam pertandingan yang berlangsung di Rizal Memorial Stadium, Manila, Selasa (10/12/2019), Vietnam sukses membungkam Garuda Muda dengan skor telak 3-0.

Pada awal-awal babak pertama, Indonesia sesungguhnya mampu meredam gaya permainan cepat anak-anak Vietnam. Bahkan Indonesia terlebih dulu mendapatkan peluang lewat tendangan bebas pada menit ke-6. Sayangnya, sepakan Zulfiandi dari luar kotak penalti masih bisa ditepis kiper Van Toan Nguyen.

Selanjutnya, duel kedua tim cukup keras dan panas. Bahkan pada menit ke-20, Evan Dimas ditarik ke luar oleh pelatih, karena tidak bisa melanjutkan pertandingan. Evan Dimas tampak terpincang-pincang setelah mendapat tekel dari pemain Vietnam, Doan Van Hau. Wasit Majed Mohammed Alshamrani sendiri tidak memberi kartu atas aksi Van Hau.

Evan lalu digantikan Syahrian Abimanyu, lima menit berselang. 15 menit berselang, tepatnya pada menit ke-39, Vietnam mendapat tendangan bebas usai Asnawi Mangkualam membuat pelanggaran di sisi kiri luar kotak penalti Indonesia. Tendangan bebas itu bisa dimaksimalkan The Golden Dragons. Bola kiriman Do Hung Dung, bisa disundul Doan Van Hau dan masuk ke gawang Indonesia. Vietnam memimpin 1-0.

Indonesia coba membalas di sisa waktu babak pertama. Namun, hingga turun minum, pasukan Indra Sjafri masih tertinggal 0-1 dari Vietnam.

Di babak kedua, Indonesia memasukkan Egy Maulana menggantikan Witan Sulaeman. Permainan Osvaldo Haay dkk juga lebih keras, mengimbangi perlawanan Vietnam. Sama-sama menekan, Vietnam yang bisa mencetak gol di menit ke-59. Do Hung Dung menjebol gawang Indonesia, memanfaatkan kesalahan Bagas Adi dalam melakukan clearance. Bola liarnya langsung disepak dari luar kotak penalti, sempat membentur sedikit sebelum masuk ke gawang Indonesia. Vietnam memimpin 2-0.

Di menit ke-71, Indonesia punya kans lewat sepakan jarak dekat Osvaldo. Namun, sepakannya masih bisa diblok barisan belakang Vietnam. Alih-alih memperkecil skor, Indonesia malah kembali kebobolan. Doan Van Hau bisa merobek gawang Nadeo untuk kali kedua di menit ke-73.

Berawal dari tendangan bebas Nguyen Hoang Duc, bolanya gagal ditepis dengan baik oleh Nadeo. Bola muntahnya bisa disapu Van Hau untuk menjadikannya gol ketiga Vietnam. Skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Vietnam.

Pada menit ke-76, pelatih Vietnam, Park Hang-seo, dikartu merah karena melakukan protes keras. Hang-seo, yang sudah melawan Indonesia tiga kali sepanjang 2019, meninggalkan bench-nya sambil marah-marah.

Di menit ke-80, Indonesia punya peluang lewat kombinasi serangan Egy dan Muhammad Rafli. Sepakan Egy sempat diblok Van Toan, bola liarnya kemudian diteruskan Muhammad Rafli, namun bolanya bisa digagalkan Nguyen Thanh Chung di mulut gawang.

Di sisa waktu, Indonesia tak mampu memperkecil skor dari Vietnam. Kekalahan 0-3 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-22 gagal membawa pulang medali emas SEA Games 2019 dari Manila. (KI4)

Check Also

Ini Alasan Pemerintah Tetapkan Atlet Sebagai Kelompok Prioritas Penerima Vaksin

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Vaksinasi tahap kedua juga memprioritaskan atlet sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *