Home / Nusantara / Ulang Tahun Gubernur Bali, Togar Situmorang: Tetap Konsisten Membangun Bali

Ulang Tahun Gubernur Bali, Togar Situmorang: Tetap Konsisten Membangun Bali

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Gubernur Bali Wayan Koster merayakan hari ulang tahun ke-58, Selasa (20/10/2020). Di hari spesialnya tersebut, orang nomor satu di Pulau Dewata itu banjir ucapan selamat dan doa dari berbagai kalangan, tidak terkecuali dari pengacara kondang berdarah Batak, Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CLA.

Selain ucapan dan doa, advokat kelahiran Jakarta itu juga berbicara banyak tentang sosok Gubernur Wayan Koster, yang dinilainya sebagai sosok pemimpin yang sangat luar biasa. Menurut Togar Situmorang, Gubernur Wayan Koster memiliki sifat yang sederhana dan bersahaja.

“Beliau sosok yang sederhana, ramah. Beliau juga sering turun dan mendengar suara hati masyarakat, sehingga beliau begitu dekat dan tahu apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakatnya,” tutur Togar Situmorang.

Hal yang paling nyata ditunjukkan Gubernur Wayan Koster, lanjutnya, ketika wabah virus corona melanda dunia, tak terkecuali Bali. Ketua DPD PDI Perjuangan itu bergerak cepat, baik dalam soal program maupun anggaran penanganan Covid-19.

“Ketika bencana virus corona melanda, beliau menunjukkan kesungguhan bekerja. Beliau bergerak cepat untuk segera membuat keadaan menjadi pulih,” ujar Togar Situmorang, yang juga Tim 9 Investigasi Komnaspan RI ini.

Bagi Togar Situmorang, apa yang dilakukan Gubernur Wayan Koster sesungguhnya tidak sederhana. Itu merupakan pekerjaan berat dan tidak mudah.

“Bali ini daerah pariwisata, sehingga paling terpukul dari adanya pandemi Covid-19 ini. Oleh sebab itu, perlu adanya upaya atau kerja keras untuk bisa memulihkan keadaan. Beliau sudah terlalu banyak makan garam dalam hal menghadapi tantangan maupun kesulitan yang dihadapi oleh Bali ini. Itu juga dibuktikan dalam penanganan pandemi Covid-19 ini,” kata advokat yang sering disapa “Panglima Hukum” ini.

Menurut Togar Situmorang, sosok Gubernur Wayan Koster tentu perlu dicontoh. Apalagi, mantan anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR itu dinilainya memiliki karakter yang tegas, jujur dan tidak memanfaatkan jabatan untuk kepentingan pribadi maupun sanak keluarga serta golongan atau kelompok.

Sayangnya melihat kebaikan dan ketulusan Gubernur Bali ini, tidak semua orang melihatnya secara positif. Buktinya, ada cukup banyak orang suka memfitnah dan menuduh yang bukan-bukan. Begitu banyak cacian dan hinaan yang dilontarkan.

“Akan tetapi hal itu tidak membuat Bapak Koster jatuh. Ia tetap fokus membangun Bali. Memang yang tersulit itu adalah orang kaya hidup sederhana. Dan lebih sulit lagi orang punya kekuasaan, dia tidak tergiur menggunakan kekuasaan itu untuk memperkaya diri. Itulah yang sulit ditiru dari Bapak Wayan Koster. Di tengah hujan, dia tidak basah. Di tengah kemarau, dia tidak kehausan. Dia punya harta dan punya kekuasaan, tetapi dia tetap sederhana. Kalau bukan karena kekuatan spiritual yang dimiliki, tidak mungkin beliau bisa setabah itu,” ujar Togar Situmorang.

Ia pun berharap, Gubernur Wayan Koster selalu diberikan kesehatan dalam menjalankan pengabdiannya bagi gumi dan krama Bali. Yang paling penting, Gubernur Wayan Koster juga konsisten dengan program-program unggulannya dalam membangun Pulau Dewata itu.

“Rahajeng wanti warsa Bapak Gubernur Bali Dr Ir Wayan Koster, MM. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa, menganugerahkan kesehatan, kebahagian dan umur panjang. Tetap fokus, tulus dan lurus. Bekerja untuk masyarakat Bali, membangun Bali melalui Visi Nangun Sat Kerti Loka Bali. Astungkara,” pungkas pungkas Founder dan CEO Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan; Lantai Dasar Blok A Nomor 12 Srengseng Junction, Jalan Srengseng Raya Nomor 69 RT/RW 05/06, Jakarta Barat; Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon; Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22, Denpasar; Jalan Malboro Teuku Umar Barat Nomor 10, Denpasar; serta Jalan Trans Kalimantan Nomor 3-4, Sungai Ambawang – Pontianak, Kalimantan Barat, ini. (KI-01)

Check Also

Hari Pahlawan, Togar Situmorang Ajak Tetap Semangat di Tengah Pandemi Covid-19

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Momentum tersebut dimaknai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *