Home / Olahraga / Tujuh Kali Masuk Final, Timnas Indonesia Hanya Dua Kali Menang
Gawang Timnas Indonesia saat dibobol para pemain Vietnam. (istimewa)

Tujuh Kali Masuk Final, Timnas Indonesia Hanya Dua Kali Menang

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Timnas Indonesia sudah tujuh kali berlaga di partai final SEA Games. Dari total partisipasi di partai puncak tersebut, Indonesia tercatat hanya dua kali meraih kemenangan sekaligus membawa pulang medali emas. Sisanya, harus puas dengan medali perunggu.

Dua kemenangan Timnas Indonesia masing-masing ditorehkan pada SEA Games 1987 saat mengalahkan Malaysia di final serta SEA Games 1991 saat mengalahkan Thailand.

Setelah meraih emas tahun 1991, Timnas Indonesia kembali beberapa kali masuk final, yakin tahun 1997, 2011, dan 2013. Sayangnya, dua kali Thailand menjadi mimpi buruk Indonesia di final dan satu final lainnya Indonesia tak berdaya melawan Malaysia.

Setelah 28 tahun puasa emas, SEA Games 2019 di Filipina memunculkan harapan bahwa Indonesia akan membawa pulang medali emas. Namun di partai final, Selasa (10/12/2019) malam, Indonesia justru tak berdaya melawan Vietnam. Indonesia takluk 0-3. Lagi-lagi, Timnas Indonesia hanya mengoleksi medali perunggu.

Sementara itu di sisi lain, kemenangan Vietnam atas Indonesia kali ini merupakan medali emas pertama The Golden Dragons di cabang olahraga sepak bola ajang SEA Games. Ini adalah final keenam bagi Vietnam yang berbuah manis.

Sebelumnya, Vietnam selalu kalah di final SEA Games. Pada 1995, 1997, 2003, 2005, dan 2009, Vietnam selalu kalah di babak puncak dan harus puas meraih medali perak. (KI4)

Check Also

Ini Alasan Pemerintah Tetapkan Atlet Sebagai Kelompok Prioritas Penerima Vaksin

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Vaksinasi tahap kedua juga memprioritaskan atlet sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *