Home / Olahraga / Tuding Musorprov KONI Bali Tak Demokratis, Togar Situmorang: Menpora Jangan Biarkan

Tuding Musorprov KONI Bali Tak Demokratis, Togar Situmorang: Menpora Jangan Biarkan

KitaIndonesia.Com – Ketua Pengkot POSSI (Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia) Kota Denpasar Togar Situmorang menuding pelaksanaan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali pada 19 Maret lalu, tak demokratis.

Ia pun meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI H Zainudin Amali, agar tak membiarkan peristiwa seperti ini dipertahankan di tubuh KONI Bali.

“Kami harapkan Menpora memberikan perhatian khusus terkait masalah yang terjadi di organisasi KONI Bali, jangan dibiarkan,” ungkapnya, di Denpasar, Senin 18 Maret 2022.

“Semoga marwah demokrasi dalam tubuh KONI Bali bisa tumbuh kembali sebagaimana amanat dari nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945,” imbuh Togar Situmorang, yang juga praktisi hukum ini.

Ia menegaskan hal tersebut, karena merasa dirinya ‘sengaja dijegal’ untuk maju sebagai calon ketua umum KONI Bali periode 2022-2026, dalam Musorprov 19 Maret lalu.

Togar Situmorang menilai syarat calon ketua umum KONI Bali minimal menyodorkan dukungan minimal 20 suara cabang olahraga (Cabor), merupakan suatu bentuk pengkondisian.

“Saya berpandangan, nilai-nilai demokrasi dalam tubuh KONI Bali itu sudah meluntur,” kritik Togar Situmorang.

Ia menambahkan, dalam AD/ART KONI sama sekali tidak menjelaskan bahwa calon ketua umum harus mengantongi dukungan minimal 20 suara dari Cabor.

“Hal ini menjelaskan bahwa aturan terkait dukungan minimal 20 suara dari Cabor merupakan suatu aturan yang dibuat-buat saja,” tandas pemilik Law Firm Togar Situmorang ini.

Selain syarat dukungan, ia juga menyentil soal tidak adanya batas usia bagi calon ketua umum KONI Bali dalam persyaratan.

“Kenapa tidak ada sama sekali membahas batasan usia ketua umum? Apakah dalam AD/ART KONI tidak ada pasal yang mengatur tentang batas usia?” tanya Togar Situmorang.

“Hal ini perlu dijelaskan lebih lanjut dan mendetail, jangan-jangan ada dugaan melanggengkan korupsi, kolusi dan nepotisme di tubuh KONI Bali, apalagi juga ada berita bahwa sudah ada pengaduan di Kejati Bali,” lanjut advokat berdarah Batak ini.

Sebelumnya, forum Musorprov KONI Bali telah menetapkan I Gusti Ngurah Oka Darmawan sebagai ketua umum KONI Bali periode 2022-2026.

Oka Dharmawan terpilih secara aklamasi menggantikan Ketut Suwandi, yang telah menjabat dua periode sebagai Ketua Umum KONI Bali.

Menurut Pimpinan Sidang Musorprov KONI Bali, Fredrik Billy, forum mengesahkan Oka Darmawan secara aklamasi sebagai nakhoda baru KONI Bali karena hanya yang bersangkutan yang memenuhi persyaratan.

Ia menyebut, memang ada empat bakal calon yang mengajukan diri untuk berebut kursi ketua umum KONI Bali. Namun tiga calon lainnya tidak memenuhi persyaratan administrasi.

“Pada Musorprov Bali ini ada empat kandidat mendaftar maju untuk berebut kursi ketua umum KONI Bali menggantikan Ketut Suwandi. Namun hingga sampai detik terakhir batas pendaftaran, tiga calon dinyatakan gugur mengikuti proses pemilihan karena tidak lengkap persyaratan administrasinya,” jelas Fredrik Billy.

Ia juga menjelaskan bahwa sesuai AD/ART KONI Bali, Musorprov hanya diikuti oleh Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabor, KONI Kabupaten dan Kota se-Bali serta Badan Fungsional Olahraga.

Sementara itu mantan Ketua Umum KONI Bali Made Nariana, yang saat ini menjabat sebagai Ketua KONI Kabupaten Badung, menyalahkan Ketua Umum Pengprov POSSI Bali yang memberikan mandat kepada Togar Situmorang yang berstatus Ketua Pengkot POSSI Kota Denpasar menghadiri Musorprov.

Pasalnya, menurut Made Nariana, yang berhak mengikuti Musorprov KONI Bali adalah Pengprov Cabor atau pengurus cabang olahraga tingkat provinsi. (KI-01)

Check Also

PSS Sleman Selamat Dari Jerat Degradasi Usai Taklukan Persija Jakarta, Kamis 31 Maret 2022 (Instagram @liga1match)

Liga 1 BRI: PSS Sleman Selamat Dari Jerat Degradasi Usai Taklukan Persija Jakarta

KitaIndonesia.Com – PSS Sleman akhirnya lolos dari jerat degradasi usai memperoleh kemenangan penting atas lawannya, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *