Home / Nusantara / Tingkatkan Pengetahuan Tour Guide, HPI Mabar Gelar Diklat
Suasana Diklat Tour Guide yang dilaksanakan oleh HPI Mabar. (istimewa)

Tingkatkan Pengetahuan Tour Guide, HPI Mabar Gelar Diklat

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) kepada tour guide di ujung barat Pulau Flores itu, 27 – 30 Juni 2021.

Sebanyak 200 orang tour guide mengikuti kegiatan yang berlangsung di Aula Setda Mabar itu. Mereka adalah putra – putri Mabar dengan tingkat pendidikan dari lulusan SMA hingga Strata 1.

Selama pelatihan, mereka mendapatkan materi dari anggota HPI, Asita, Pemkab Mabar hingga Polres Mabar dan Balai Taman Nasional Komodo (BTNK).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan calon tour guide,” jelas Ketua DPC HPI Mabar Sebastian Pandang, usai kegiatan tersebut.

“Materi yang diberikan terkait pengetahuan dasar dan etika pramuwisata, menyiapkan dan menyajikan informasi wisata, pengetahuan pariwisata umum dan khusus di wilayah Mabar serta teknik kepemanduan,” imbuhnya.

Para peserta tidak saja diberikan materi class room. Mereka juga melakukan praktik lapangan hingga mengunjungi spot pariwisata.

“Ini kegiatan pertama kali pada tahun 2021, dan kegiatan ini sudah berlangsung setiap tahun,” papar Sebastian Pandang.

Dengan adanya kegiatan ini, menurut dia, semua peserta menjadi pribadi yang siap bekerja sebagai pemandu pariwisata profesional.

“Kami berharap, usai menjalani Diklat ini para tour guide mampu bekerja secara profesional dan tetap menjunjung tinggi budaya lokal saat menjamu tamu-tamu yang hendak berwisata ke Mabar dan Flores umumnya,” tutur Sebastian Pandang.

“Tunjukkan bahwa kita orang yang berbudaya. Mulai dari cara berpakaian, juga tutur bahasa. Apalagi Mabar adalah daerah destinasi super premium,” pungkasnya. (KI-01)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *