Home / Peristiwa / Nasional / Tingkatkan Gairah Membaca Mahasiswa Fakultas Hukum, Law Firm Togar Situmorang Gelar Lomba Karya Tulis
Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP. (istimewa)

Tingkatkan Gairah Membaca Mahasiswa Fakultas Hukum, Law Firm Togar Situmorang Gelar Lomba Karya Tulis

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Untuk menggapai gelar sarjana, tentu tidak mudah. Semua perlu waktu, uang, kesempatan dan tekad yang kuat. Hal ini pula yang terjadi dalam diri Togar Situmorang, SH, MH, MAP.

Sejak 54 tahun yang lalu, Togar Situmorang kecil memiliki tekad yang kuat untuk menggapai cita-citanya. Setelah jatuh-bangun, Togar yang sempat bercita-cita menjadi tentara akhirnya sukses menjadi pengacara berpengaruh di Bali.

Bahkan sepanjang tahun 2019 lalu, Togar Situmorang meraih banyak penghargaan. Mulai dari masuk daftar 100 Advokat Hebat versi Majalah Property&Bank hingga meraih penghargaan Indonesia Most Leading Award 2019 dan terpilih sebagai The Most Leading Lawyer In Satisfactory Performance Of The Year. Tak berlebihan jika Togar Situmorang tercatat sebagai salah satu advokat papan atas di Bali dan dijuluki Panglima Hukum.

Walau sudah ‘terbang tinggi’, Togar Situmorang tak lupa daratan. Sebagai orang yang pernah merasakan getirnya hidup, Togar Situmorang ingin hadir menjadi ‘lilin kecil’ bagi sesama. Itu sebabnya, pria berdarah Batak kelahiran Jakarta ini, tak pernah lupa berbagi kasih dengan anak-anak yatim piatu serta warga kurang mampu yang membutuhkan bantuan.

Bukan itu saja, Togar Situmorang juga tak lupa memberikan motivasi dan inspirasi bagi anak-anak muda, melalui banyak hal, termasuk dalam hal pendidikan Seperti kali ini, Togar Situmorang mencoba mengimplementasikan amanat Undang-Undang Dasar 1945, khususnya dalam hal  ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, dengan menggelar Lomba Karya Tulis.

Sebagai lulusan Sarjana Hukum (S1) Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar, Togar Situmorang mengadakan Lomba Karya Tulis khusus untuk mahasiswa Fakultas Hukum, semester V sampai dengan mahasiswa Pasca Sarjana (S2), se-Indonesia. Ini adalah bentuk kepedulian Togar Situmorang dalam bidang ilmu pengetahuan, khususnya di bidang hukum.

“Di saat kita masih duduk di bangku SD atau mungkin juga TK, pasti mempunyai cita-cita. Dan tidak bisa kita pungkiri, bila kita bertanya kepada seorang anak kecil, ‘Cita-citamu apa, Nak?’ atau ‘Nanti kalau sudah besar mau jadi apa, Nak?’. Maka dengan gapaian yang saya dapati sebagai rasa syukur, saya menggelar Lomba Karya Tulis untuk mahasiswa Fakultas Hukum se-Indonesia,” tutur Togar Situmorang, di Denpasar, Kamis (14/5/2020).

Advokat yang meraih gelar Magister Administrasi Publik (MAP) dari Undiknas Denpasar, Bali, tahun 2015 ini menambahkan, mengenai Lomba Karya Tulis ini, Law Firm Togar Situmorang bekerja sama dengan PT Bali Global Service (BGS) yang dipimpin oleh Axl Mathew Situmorang. Ide ini muncul untuk mendorong minat para mahasiswa terutama mahasiswa Fakultas Hukum, untuk membuat suatu karya tulis, salah satunya berbentuk jurnal.

“Karena saya melihat minat dari para mahasiswa ini sangat menurun, padahal nantinya dia akan membuat suatu karya ilmiah yang lebih sulit yaitu skripsi atau tesis,” ujar Togar Situmorang, yang juga Ketua Pengurus Kota Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (Pengkot POSSI) Kota Denpasar.

Adapun kriteria dan informasi mengenai lomba ini, adalah khusus untuk mahasiswa Fakultas Hukum, semester V sampai dengan mahasiswa Pasca Sarjana (S2) dari semua universitas se-Indonesia. Untuk pendaftaran lomba ini dibuka tanggal 18 Mei sampai tanggal 18 Juni 2020. Selanjutnya waktu pengumpulan jurnal tanggal 27 Juni sampai tanggal 29 Juli 2020. Karya tulis dikirim ke e-mail Iktmfh.lawts@gmail.com

Pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus 2020, bertepatan dengan hari ulang tahun Togar Situmorang. Tiga pemenang masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, dan uang tunai untuk Rp2 juta untuk juara 1, Rp1,5 juta untuk juara 2, dan Rp1 juta untuk juara 3.

Adapun syarat penilaian, lebih ditekankan pada utility (bebas plagiat), judul menarik, permasalahan yang dibahas terkait hukum secara universal, metode penelitian yang akan dipakai, dan naskah dalam bentuk PDF.

“Tujuan saya membuat lomba ini adalah ingin meningkatkan gairah membaca dari para mahasiswa hukum. Kami juga menerima calon advokat yang mau gabung di Law Firm Togar Situmorang. Sebab kunci sukses mempelajari hukum adalah membaca, dan tanpa membaca kita akan mengalami kesulitan dalam menganalisis suatu kasus,” kata Togar Situmorang, yang juga Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur.

Ia menambahkan, lomba ini sebagai bentuk motivasi bagi mahasiswa yang memiliki tekad kuat untuk menggapai dan mewujudkan keinginannya.

“Semoga melalui kegiatan ini mahasiswa Fakultas Hukum lebih giat lagi dalam membaca, lebih tertarik untuk membuat suatu karya ilmiah dalam bentuk apapun serta bisa melatih pemikiran untuk membedah dan menganalisa suatu kasus maupun permasalahan yang ada di masyarakat,” pungkas Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini. (KI4)

Check Also

Presiden Jokowi Rayakan Ultah Ke-60, Togar Situmorang: Pemimpin Amanah, Indonesia Pasti Cepat Pulih

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-60, Senin 21 Juni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *