Home / Hukum / Tinggi, Angka Lakalantas di Labuan Bajo
Kasat Lantas Polres Mabar IPTU I Made Bagus Aditya Melyandika, STK, MA. (kitaindonesia/itho umar)

Tinggi, Angka Lakalantas di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Angka kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), cukup tinggi. Bahkan dalam kurun waktu Oktober hingga Desember 2020, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Mabar menangani 17 kasus Lakalantas di daerah pariwisata super premium itu.

“Ada 16 kasus yang berakhir damai setelah kedua belah pihak (Terlapor dan Pelapor) bersepakat. Sementara satu kasus masih dalam tahap penyidikan,” kata Kasat Lantas Polres Mabar IPTU I Made Bagus Aditya Melyandika, STK, MA, dalam konferensi pers di Mapolres Mabar, Kamis (28/1/2021). Konferensi pers tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK, MSi.

Menurut Bagus Aditya, berdasarkan data yang ada, ada sejumlah titik rawan Lakalantas di Mabar. Di antaranya adalah Gang Pengadilan, Desa Gorontalo, Kecamatan Komodo dan Jalan Trans Flores Labuan Bajo – Ruteng.

“Rata-rata penyebab Lakalantas adalah karena pengendara justru berkendara dengan kecepatan tinggi,” papar Bagus Aditya.

Ia lalu merinci ke-17 Lakalantas yang terjadi. Enam kasus diantaranya merupakan Lakalantas tunggal. Selanjutnya adalah Lakalantas antara kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat dan roda enam, sebanyak sembilan kasus. Dua kasus lainnya adalah kendaraan bermotor menabrak pejalan kaki.

“Dari 17 kasus Lakalantas tersebut, sebanyak enam orang meninggal dunia, 14 orang luka berat dan enam orang luka ringan. Total kerugian material mencapai sebanyak Rp12.900.000,” pungkas Bagus Aditya. (KI-05)

Check Also

Diduga Cemarkan Nama Baik, Istri Zainal Tayeb dan Salah Satu Media Online Disomasi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Diduga mencemarkan nama baik melalui media online, istri dari terdakwa Zainal Tayeb, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *