Home / Hukum / Terlibat Kasus Penipuan, Mantan Wagub Sudikerta Divonis 12 Tahun Penjara

Terlibat Kasus Penipuan, Mantan Wagub Sudikerta Divonis 12 Tahun Penjara

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Mantan Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta yang terlibat dalam kasus penipuan, penggelapan, pemalsuan dan tindak pidana pencucian uang divonis pidana penjara selama 12 tahun dalam sidang di Pengadilan Negeri Denpasar, Jumat (20/12/2019).

Majelis hakim yang diketuai hakim Esthar Oktavi menyatakan terdakwa terbukti melakukan tindak pidana melakukan dan turut serta melakukan perbuatan dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum dengan tipu muslihat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 378 KUHP Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

“Menjatuhkan pidana penjara selama 12 tahun dan denda Rp 5 miliar kepada terdakwa I Ketut Sudikerta dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar diganti dengan hukuman kurungan selama 4 bulan,” kata hakim membacakan putusan.

Majelis hakim juga menyatakan bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Mendengar tuntutan tersebut, Sudikerta kemudian berkonsultasi dengan penasehat hukumnya. Saat itu juga di hadapan majelis hakim, Sudikerta langsung menyatakan banding. Sementara jaksa menyatakan pikir-pikir.

Putusan majelis hakim sejatinya lebih rendah dari tuntutan jaksa. Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Ketut Sujaya dkk., sebelumnya menuntut Sudikerta dihukum selama 15 tahun penjara, denda Rp 5 miliar, subsider enam bulan kurungan.

Sementara dalam sidang terpisah, terdakwa lain yaitu Anak Agung Ngurah Agung dihukum lebih rendah dari Sudikerta. Pria paruh baya ini divonis pidana selama 6 tahun penjara, denda Rp 500 juta subsider empat bulan kurungan oleh majelis hakim.

Sama dengan Sudikerta, Anak Agung Ngurah Agung yang sebelumnya dituntut pidana penjara 8 tahun juga langsung menyatakan banding. (KI6)

Check Also

Perkara Harta Waris di PN Bandung, Klien Law Firm Togar Situmorang Siap Hadirkan Saksi

Bandung (KitaIndonesia.Com) – Sidang lanjutan gugatan Perkara Perdata Nomor 45/ Pdt.G/ 2021 tentang harta waris …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *