Home / Nusantara / Tenaga Kontrak Dinas di Manggarai Barat, Ada yang Jadi Pengamat Sungai
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat Oktavianus Adu. (kitaindonesia.com/san edison)

Tenaga Kontrak Dinas di Manggarai Barat, Ada yang Jadi Pengamat Sungai

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Ada ribuan pegawai di Kabupaten Manggarai Barat yang berstatus sebagai tenaga kontrak daerah (TKD). Menariknya dari hasil penelusuran wartawan, ada tenaga kontrak yang hanya mengantongi Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas (Kadis).

Jumlah tenaga kontrak dinas ini pun tak sedikit. Di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Manggarai Barat misalnya, ada sebanyak 44 tenaga kontrak dinas.

Dari jumlah tersebut, informasinya sebanyak 23 orang di antaranya menjadi penjaga sungai. Sisanya ada yang menjadi juru sungai hingga pengamat sungai. Ada juga yang menjadi operator kendaraan besar.

Terkait pegawai berstatus tenaga kontrak dinas ini dibenarkan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Manggarai Barat Oktavianus Adu, saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu 14 Juli 2021 sore.

“Ada 44 orang tenaga kontrak dinas di sini (Dinas PUPR). SK-nya memang dari dinas,” tutur Ovan Adu, kepada kitaindonesia.com.

Para tenaga kontrak dinas ini, menurut dia, menerima gaji sebesar Rp1.950.000 perbulan atau sama seperti gaji tenaga kontrak daerah.

“Gaji mereka Rp1.950.000 perbulan. Sama seperti tenaga kontrak daerah. Mereka kita angkat sesuai kebutuhan dinas. Uang gaji mereka bersumber dari dinas,” urainya.

Menurut dia, pengangkatan tenaga kontrak tersebut tidak menyalahi aturan. Selain itu, pengangkatan juga dilakukan sesuai kebutuhan dinas.

“Ada dasar hukumnya. Ada yang sudah tiga tahun (jadi tenaga kontrak dinas), dua tahun bahkan satu tahun,” jelas Ovan Adu.

Tak hanya di Dinas PUPR, tenaga kontrak dinas juga kabarnya ada di Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai Barat. Jumlahnya lebih banyak, yakni 49 orang.

Sayangnya Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kabupaten Manggarai Barat Solus Rafael, belum berhasil dikonfirmasi terkait hal ini. Saat hendak ditemui di ruangan kerjanya, kadis sedang tidak berada di tempat.

Dari informasi yang didapatkan wartawan, 49 tenaga kontrak dinas di Dinas Perumahan Rakyat ini sebagian besar bertugas sebagai penjaga lampu jalan (15 orang) dan menangani galian C (10 orang).

Sisanya menangani IMB sebanyak 8 orang, jalan lingkungan 6 orang, pengolahan data pertanahan 5 orang, dan penjaga mata air 5 orang. (KI-01)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *