Home / Peristiwa / Nasional / Tahbisan Uskup Ruteng Jalan Terus di Tengah Wabah Covid-19, Tokoh Katolik Kecewa
Hermawi Fransiskus Taslim. (istimewa)

Tahbisan Uskup Ruteng Jalan Terus di Tengah Wabah Covid-19, Tokoh Katolik Kecewa

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Tahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat, Pr, telah dilaksanakan di Gereja Katedral Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Kamis (19/3/2020). Pentahbisan yang berlangsung di tengah mewabahnya virus corona jenis baru atau Covid-19 ini, bahkan telah dilarang oleh pemerintah ini, memantik kekecewaan sejumlah tokoh umat Katolik di Indonesia.

Hermawi Fransiskus Taslim, salah seorang tokoh Katolik Indonesia misalnya, tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya atas tetap berlangsungnya Misa Tahbisan Uskup Ruteng Mgr Siprianus Hormat ini. Menurut Taslim, seharusnya panitia bersama hirarkhi setempat peka atas perkembangan virus corona yg semakin masif akhir-akhir ini.

Apalagi, demikian Taslim, pemerintah melalui Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo telah meminta pembatalan Misa Tahbisan Uskup Ruteng ini. Permintaan tersebut dengan pertimbangan bahwa penyebaran virus corona semakin mengkhawatirkan.

“Sepatutnya seluruh rakyat Indonesia termasuk umat Katolik, taat dan hormat kepada amanat Presiden yang telah berulang-ulang meminta agar seluruh kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa, ditunda dulu pelaksanaannya,” kata Taslim.

“Saya sedih, kok acara dengan massa yang begitu banyak, masih dilangsungkan di tempat publik,” imbuh Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni (FORKOMA) PMKRI ini.

Taslim pun mengingatkan amanat Uskup Agung pribumi pertama Indonesia Mgr Albertus Sugiyopranoto, SJ, tentang sikap “Seratus Persen Katolik – Seratus Persen Indonesia”.

“Seharusnya sikap itu tercermin dari prilaku yang taat dan patuh kepada amanat Presiden yang sah. Sedih dan kecewa sekali ketika Misa Tahbisan Uskup Ruteng tetap dilaksanakan,” pungkas Taslim. (KI4)

Check Also

Presiden Jokowi: Infrastruktur di Labuan Bajo Sudah Lengkap, Saatnya Promosi Besar-besaran

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan infrastruktur di Labuan Bajo sudah lengkap. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *