Home / Politik / Tahapan Pilkada Dimulai 15 Juni, KPU Bali Siapkan Protokol Kesehatan
Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan memimpin rapat koordinasi dengan pimpinan OPD terkait tahapan Pilkada Serentak. (istimewa)

Tahapan Pilkada Dimulai 15 Juni, KPU Bali Siapkan Protokol Kesehatan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Setelah ditunda beberapa bulan lantaran pandemi Covid-19, tahapan Pilkada Serentak 2020 akhirnya diputuskan dimulai tanggal 15 Juni mendatang. Adapun jadwal pemungutan suara Pilkada Serentak 2020, ditetapkan berlangsung tanggal 9 Desember.

Mengingat tahapan ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali menyiapkan protokol kesehatan, yang diawali dengan Rapat Koordinasi Pilkada Serentak 2020, di Denpasar, Selasa (2/6/2020).

Rapat koordinasi tersebut dihadiri kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, didampingi anggota dan jajaran pejabat struktural Sekretariat KPU Provinisi Bali.

“Rapat kali ini bertujuan untuk meminta saran dan masukan dari OPD mengenai apa saja yang harus disiapkan dan diantisipasi mengenai pelaksanaan tahapan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Terutama dari sisi standar operasional prosedur (SOP) mengenai protokol kesehatan yang harus dijalankan oleh penyelenggara maupun masyarakat,” jelas Lidartawan, usai rapat tersebut.

Mantan Ketua KPU Kabupaten Bangli ini menyebut, protokol kesehatan ini penting mengingat wabah virus corona masih berlangsung. Di sisi lain, demikian Lidartawan, tahapan Pilkada serentak juga harus tetap berjalan, setelah tertunda sejak beberapa bulan lalu.

“Karena tahapan Pilkada sudah akan dimulai, maka sangat penting untuk menyiapkan protokol kesehatannya,” ujar Lidartawan.

Sementara itu Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Bali Gede John Darmawan, menjelaskan, KPU berencana akan melaksanakan rapid test kepada seluruh jajaran penyelenggara dari tingkat PPDP, KPPS, PPS, PPK hingga ditingkatan KPU Kabupaten/ Kota dan KPU Provinsi Bali.

“Hal tersebut dilakukan semata-mata agar memberikan jaminan dan rasa nyaman kepada penyelenggara terutama masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya ke TPS pada tanggal 9 Desemebr 2020 mendatang,” kata John Darmawan, yang juga mantan Ketua KPU Kota Denpasar.

Dalam rapat koordinasi tersebut, seluruh pimpinan OPD yang hadir menyatakan kesiapannya dalam mendukung seluruh tahapan Pilkada Serentak. Dukungan terutama dalam hal penerapan protokol kesehatan selama pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak di masa pandemi Covid-19. (KI4)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *