Home / Nusantara / Stok Darah Menipis di Tengah Pandemi Covid-19, JDM Gelar Aksi Donor Darah
Aksi donor darah yang dilaksanakan Jagabaya Dulang Mangap. (istimewa)

Stok Darah Menipis di Tengah Pandemi Covid-19, JDM Gelar Aksi Donor Darah

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Jagabaya Dulang Mangap (JDM) kembali menunjukkan kepeduliannya kepada sesama di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, JDM di empat wilayah yakni di Kabupaten Buleleng, Klungkung, Gianyar serta Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali menggelar aksi donor darah.

Aksi ini dilakukan JDM mencermati stok darah pada Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) yang semakin menipis. Padahal, kebutuhan akan darah saat ini cukup tinggi, khususnya untuk pasien pasca operasi dan pasien dengan kasus tertentu yang membutuhkan donor darah.

Ratusan relawan dikerahkan untuk mendonorkan darahnya dalam kegiatan kemanusiaan ini yang dipusatkan di dua lokasi ini, yakni di Buleleng dan Klungkung. Seluruh pihak yang terlibat dalam aksi ini diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker dan menjaga jarak.

“Relawan kami datang secara bergantian masing-masing 5 orang,” kata Ketua JDM Kabupaten Buleleng Putu Pasek Agung Dibia Atmaja, SE, di sela-sela aksi yang berlangsung di Grya Taman Cakra Wijaya Sandi Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, Selasa (4/8/2020) siang.

Sebelumnya, JDM Buleleng bersama ratusan relawan telah melakukan aksi serupa beberapa waktu lalu. Namun karena panggilan kemanusiaan, pihaknya kembali mengerahkan relawan dan anggota JDM dalam kegiatan serupa kali ini.

“Selain panggilan kemanusiaan, kami ingin mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama bergerak menyumbangkan darah bagi kemanusiaan,” ajak Pasek Dibia.

BACA JUGA:   Perketat Pengawasan Warga di Labuan Bajo, Gugus Tugas Covid-19 Bangun Pos Pemeriksaan

Hal senada dilontarkan Ketua JDM Kabupaten Klungkung I Komang Denny, saat ditemui secara terpisah dalam kegiatan serupa di Klungkung. Menurut dia, untuk aksi donor darah yang berlangsung di Dusun Sari Merta, Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung ini melibatkan relawan dari Kabupaten Klungkung, Kabupaten Gianyar dan Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Selain itu, unsur Polri, mahasiswa serta masyarakat umum turut ambil bagian dalam kegiatan ini.

“Transfusi darah sangat penting untuk menyelamatkan hidup seseorang, sehingga hal ini sangat urgen dilaksanakan di tengah menipisnya stok darah,” ujar Komang Denny.

“Kita melaksanakan kegiatan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan tentang penanganan dan pencegahan penyebaran wabah virus corona agar semua bisa aman dan tetap sehat,” tutur Komang Denny.

Sementara itu Dokter Rizzani, Kepala Unit Transfusi Darah PMI Cabang Buleleng, membenarkan bahwa stok darah di Kabupaten Buleleng saat ini menipis. Ini terjadi sejak wabah corona melanda Indonesia.

“Sejak wabah virus korona merebak, ketersediaan kantung darah di Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Cabang Buleleng semakin menipis. Kami berterima kasih kepada masyarakat yang terpanggil untuk mendonorkan darahnya,” kata Rizzani. (KI-01)

Check Also

Mau Saksikan Atraksi Budaya Manggarai? Yuk, ke Desa Liang Ndara!

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Selama pandemi Covid-19, sejumlah objek wisata di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *