Home / Pendidikan / STIPAS Santo Sirilus Ruteng Ikut Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional

STIPAS Santo Sirilus Ruteng Ikut Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional

Ruteng (KitaIndonesia.Com) – Sekolah Tinggi Pastoral (STIPAS) Santo Sirilus Ruteng, Manggarai, mengikuti Lomba Paduan Suara Tingkat Nasional di Jakarta, 1-4 November 2019. Pagelaran paduan suara tingkat nasional ini diikuti oleh seluruh Perguruan Tinggi Agama Katolik (PTAK) di Indonesia.

Menurut Ketua STIPAS Santo Sirilus Ruteng Romo Rikardus Jehaut, pagelaran ini merupakan ajang prestasi dan membangun kebersamaan civitas akademika PTAK. Selain itu, pagelaran suara PTAK juga dalam rangka mengimplementasikan salah satu standar pendidikan, khususnya standar kompetensi lulusan pada ranah keterampilan umum dan khusus
yang berkaitan dengan pendidikan liturgi, khususnya musik liturgi.

Dengan kegiatan ini, diharapkan mahasiswa/ mahasiswi PTAK menjadi penggerak berliturgi yang baik dan benar di Iingkungannya masing-masing.

“Pagelaran paduan suara mahasiswa antar PTAK tingkat nasional ini diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Tentunya kami bangga, STIPAS Ruteng ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” tutur Romo Rikardus, di Ruteng, Jumat (1/11/2019).

Kegiatan ini, imbuhnya, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberikan perhatian di bidang peningkatan seni dan budaya, khususnya memberikan ruang bagi peningkatan potensi seni bagi peserta didik.

Untuk kegiatan ini, peserta yang ikut sebanyak 25 orang yang terdiri dari 20 orang anggota paduan suara, satu orang penjaga stan pameran, satu orang pelatih, serta ketua sekolah ditambah dua orang pembina lain.

“Dalam jadwal, lomba akan berlangsung pada Hari Minggu, 3 November di Hotel Mercuri Ancol Jakarta, dari pagi sampai sore,” pungkas Romo Rikardus. (KI21)

Check Also

Cerdas dan Berprestasi, Calon Bupati Tabanan Dr. Sanjaya Terbitkan Buku Sistem Pendidikan Agama Hindu Berbasis Pasraman

Dr. Sanjaya mengatakan, ia memang memilih menulis buku ini dengan mempertimbangkan bahwa pendidikan agama Hindu berbasis pasraman menjadi sebuah contoh penerapan pendidikan agama dengan menekankan pada karakter yang berlandaskan tradisi dan seni budaya Bali dalam bingkai religiusitas Hindu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *