Home / Politik / Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Amatra: Milenial Harus Mencintai Negerinya Sendiri
Wakil Sekretaris Bidang Umum Fraksi Partai Golkar MPR–RI, AA Bagus Adhi Mahendra Putra MH bertatap muka dengan anak-anak muda di Aula Kampus STISPOL Wira Bhakti.

Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara, Amatra: Milenial Harus Mencintai Negerinya Sendiri

Denpasar (KitaIndonesia.com) – Empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD NKRI 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI menjadi perhatian serius pemerintah. Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pun berinisiatif mengajak mahasiswa berbagai perguruan tinggi (PT) untuk memupuk nilai-nilai luhur yang diwariskan para pendahulu bangsa tersebut lewat sosialisasi empat pilar.

Memandang mahasiswa sebagai agent of changes alias agen perubahan, baru-baru ini Wakil Sekretaris Bidang Umum Fraksi Partai Golkar Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR–RI) Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra MH bertatap muka dengan anak-anak muda di Aula Kampus STISPOL Wira Bhakti.

“Sengaja kami ajak para mahasiswa dalam sosialisasi ini. Dari bangku kuliah nilai-nilai keluhuran itu harus dibangun dan mahasiswa menjadi pintu perubahan untuk masa depan yang lebih baik lagi,” ucap Amatra- panggilan akrab AA Bagus Adhi Mahendra Putra MH- di Aula Kampus STISPOL Wira Bhakti.

Sosialisasi yang menghadirkan perwakilan mahasiswa berbagai fakultas di Denpasar itu dikemas dalam bentuk dialog terbuka. Hal ini memungkinkan Amatra berdiskusi dari hati ke hati dengan para mahasiswa. Putra sulung sesepuh Partai Golkar Bali, IGK Adhiputra (alm) mengaku sengaja merangkul mahasiswa agar pentingnya nilai-nilai kebangsaan atau nasionalisme tertanam sejak dini. Amatra yakin pendidikan dari bangku kuliah akan melahirkan tatanan kepemimpinan yang lebih baik.

“Kami coba mengembangkan kepemimpinan, komunikasi, dan kemitraan mahasiswa. Di dalamnya kami isi dengan nilai-nilai empat pilar sehingga mereka bisa memahami betul apa sesungguhnya nilai-nilai bangsa yang menjaga keutuhan bangsa ini,” katanya.

Amatra menambahkan bangsa Indonesia memiliki kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami oleh seluruh masyarakat. Hal tersebut sekaligus menjadi panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur, sejahtera, dan bermartabat. Hal inilah yang disebut sebagai empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

BACA JUGA:   Pilkada Teluk Bintuni, Golkar dan PPP Patahkan Hasrat Petahana Jadi Calon Tunggal

“Pemilihan nilai-nilai empat pilar tidak lain adalah untuk mengingatkan kembali kepada seluruh komponen bangsa agar pelaksanaan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara terus dijalankan dengan tetap mengacu kepada tujuan negara yang dicita-citakan, serta bersatu padu mengisi pembangunan agar bangsa ini lebih maju dan sejahtera,” ucapnya.

MPR sebagai penjelmaan seluruh rakyat Indonesia terang Amatra memiliki tanggung jawab untuk mengukuhkan nilai-nilai fundamental kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai mandat konstitusional yang diembannya. Salah satu upaya yang dilakukan MPR adalah dengan melaksanakan tugas memberikan pemahaman nilai-nilai luhur bangsa tersebut. Upaya ini dikenal dengan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

“Kegiatan sosialisasi sangat penting karena saat ini masih banyak penyelenggara negara dan kelompok masyarakat yang belum memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Sosialisasi akan terus dilakukan sehingga banyak masyarakat yang paham terhadap nilai-nilai luhur bangsa,” jelasnya.

Amatra menegaskan moral dan karakter bangsa sedang mengalami degradasi. Hal ini tampak pada maraknya korupsi, tawuran, narkoba, seks bebas, dan sejenisnya. Diharapkan pengamalan nilai-nilai empat pilar tersebut dapat mengukuhkan jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme generasi muda Indonesia, khususnya Bali. Sosialisasi empat pilar juga bertujuan agar generasi milenial semakin mencintai negerinya sendiri sekaligus menumbuhkan semangat mengabdi pada bangsa. *

Check Also

Demokrat Usung Pantas – Riski di Pilkada Mabar, SK Diserahkan Langsung Oleh AHY

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Partai Demokrat secara resmi merekomendasikan Pantas Ferdinandus dan Andi Riski Nur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *