Home / Politik / Soal Skenario Calon Tunggal, Airlangga: Golkar Punya Mekanisme!
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, saat memberikan keterangan kepada wartawan. (kitaindonesia.com/san edison)

Soal Skenario Calon Tunggal, Airlangga: Golkar Punya Mekanisme!

Nusa Dua (KitaIndonesia.Com) – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto, membantah bahwa ada skenario supaya dirinya tampil sebagai calon tunggal pada Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar, 3-5 Desember mendatang. Menurut dia, mekanisme pencalonan hingga pemilihan ketua umum Partai Golkar, sudah diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART).

“Di Golkar, semua berdasarkan AD/ART. Begitu juga untuk pemilihan ketua umum. Dimulai dari penjaringan calon, pencalonan yang didukung oleh 30 persen pemilik suara, lalu pemilihan,” ujar Airlangga Hartarto, kepada wartawan di Hotel Ayodya Nusa Dua, Bali, Minggu (1/12/2019).

Begitu pula ketika dukungan untuk salah satu calon mencapai 50+1 suara, imbuhnya, maka ada mekanisme sendiri yang diatur dalam AD/ART Partai Golkar. Artinya, tidak bisa semuanya diskenariokan sebelum Munas berlangsung.

Soal dinamika terakhir, Airlangga Hartarto tak menampik jika ada aspirasi dari DPD I dan DPD II Partai Golkar di seluruh Indonesia agar dirinya kembali menjadi ketua umum Partai Golkar. Bahkan dukungan yang diterimanya sejauh ini sudah cukup banyak.

“Dukungan sudah cukup. Sudah 100 persen. Sudah 514 DPD (menyatakan dukungan),” ujar Airlangga Hartarto.

BACA JUGA:   PAN Lirik Figur Yang Mampu Lanjutkan Pembangunan di Manggarai Barat

Selain dari pengurus DPD yang merupakan pemilik suara, Airlangga Hartarto yang juga Menko Perekonomian RI ini mengaku telah mengantongi dukungan 7 dari total 10 organisasi sayap Partai Golkar. Namun ia tak merinci lebih jauh tentang ketujuh organisasi sayap yang telah memberikan dukungan dimaksud.

Airlangga Hartarto menjelaskan, dirinya sudah bertemu langsung dengan pengurus DPD I dan DPD II Partai Golkar seluruh Indonesia. Pertemuan tersebut dilakukan di empat tempat. Pertama, di Karawang, yang dihadiri pengurus DPD I dan DPD II Partai Golkar se-Provinsi Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta.

Selanjutnya di Yogyakarta, yang dihadiri pengurus DPD I dan DPD II Partai Golkar se-Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan seluruh Kalimantan. Untuk pengurus DPD I dan DPD II Partai Golkar se-Sumatera, konsolidasi telah dilakukan di Padang.

“Ini yang terakhir di Bali, yang dihadiri pengurus DPD I dan DPD II Partai Golkar se-Provinsi Bali, NTB, NTT, Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan seluruh Sulawesi,” beber Airlangga Hartarto. (KI4)

Check Also

Golkar Papua Deklarasi Dukungan untuk Airlangga Hartarto

Nusa Dua (KitaIndonesia.Com) – Pengurus DPD Golkar se-Provinsi Papua menyatakan dukungannya untuk Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketua …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *