Home / Olahraga / Setelah 30 Tahun Menanti, Tim Sepak Bola NTT Akhirnya Lolos PON
Tim sepak bola NTT usai bermain imbang 1-1 atas Bali. (istimewa)

Setelah 30 Tahun Menanti, Tim Sepak Bola NTT Akhirnya Lolos PON

Kuta (KitaIndonesia.Com) – Selama 30 tahun, masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak menyaksikan tim sepak bola daerah kepulauan itu berlaga di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Terakhir kali tim sepak bola NTT tampil di ajang PON pada 1989.

Ketika itu, tim sepak bola NTT dilatih Jack Lay, dan lolos ke PON DKI Jakarta. Sayangnya, Laurens Fernandes dkk ketika itu ‘angkat koper’ lebih awal setelah dikalahkan tuan rumah DKI Jakarta di babak penyisihan.

Setelah tampil perdana di ajang PON ketika itu, tidak ada lagi cerita tentang sepak bola NTT lolos ajang PON. Baru pada tahun 2019 ini, atau setelah menunggu selama 30 tahun, cerita manis itu kembali terulang. Tim NTT lolos ke PON 2020 di Papua.

Kepastian lolosnya anak-anak asuh duet pelatih Ricky Nelson dan Adnan Mahing ini setelah melewati laga penting di babak kualifikasi Bali – Nusra. Berlaga di Lapangan Samudera, Kuta, Kabupaten Badung, Bali, tim sepak bola NTT mengoleksi empat poin, hasil kemenangan 3-1 atas NTB tanggal 7 Desember 2019 dan bermain imbang 1-1 dengan Bali tanggal 9 Desember 2019.

Hasil ini sudah cukup mengantarkan Kiken Mentinus Wea dkk berlaga di ajang empat tahunan itu di Bumi Cenderawasih. Bersama NTT, tim sepak bola NTB juga lolos ke PON 2020. Sementara Bali harus mengubur mimpinya untuk terbang ke Papua, setelah main imbang 1-1 lawan NTT dan ditaklukkan NTB dengan skor 1-2. (KI4)

Check Also

Ini Alasan Pemerintah Tetapkan Atlet Sebagai Kelompok Prioritas Penerima Vaksin

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Vaksinasi tahap kedua juga memprioritaskan atlet sebagai sasaran penerima vaksin COVID-19. Pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *