Home / Hukum / Sebanyak 746 Narapidana di Bali Dapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Sebanyak 746 Narapidana di Bali Dapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak 1.115 orang narapidana yang beragama Hindu di seluruh Indonesia, mendapat Remisi Khusus (RK) Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943.

Dari jumlah tersebut, 746 di antaranya adalah narapidana yang tersebar di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Bali.

Hal ini dibenarkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Jamaruli Manihuruk, di Denpasar, Senin (15/3/2021). Menurut dia, pihaknya sudah menerima Surat Keputusan (SK) terkait remisi tersebut.

“SK sudah turun per tanggal 15 Maret 2021. Pemberian remisi kepada narapidana akan dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Maret 2021,” jelas Jamaruli Manihuruk.

Ia menyebut, pemberian remisi ini merupakan bentuk apresiasi Negara terhadap narapidana yang telah berhasil menunjukkan perubahan prilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri untuk hidup mandiri guna mempersiapkan diri saat kembali hidup di tengah masyarakat.

Pemberian remisi ini sesuai amanat Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan,” ucapnya.

Remisi Khusus (RK) merupakan pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah memenuhi syarat pada hari besar keagamaan yang dianut oleh yang bersangkutan sebesar 15 hari hingga 2 bulan.

Melalui pemberian remisi ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi narapidana untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta untuk selalu taat terhadap hukum dan norma yang berlaku,” tandas Jamaruli Manihuruk.

Adapun narapidana yang mendapat remisi khusus di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali, paling banyak di Lapas Kelas II A Kerobokan yakni 201 orang, disusul Lapas Narkotika Kelas II A Bangli 133 orang dan Lapas Kelas II B Singaraja 112 orang.

Selanjutnya di Lapas Kelas II B Tabanan 73 orang, Lapas Kelas II B Karangasem 44 orang, Rutan Kelas II B Negara 42 orang, Rutan Kelas II B Bangli 42 orang, Rutan Kelas II B Gianyar 37 orang, Rutang Kelas II B Klungkung 27 orang, Lapas Perempuan Kelas II A Kerobokan 25 orang, dan LPKA Kelas II Karangasem 10 orang. (KI-01)

Check Also

Diduga Cemarkan Nama Baik, Istri Zainal Tayeb dan Salah Satu Media Online Disomasi

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Diduga mencemarkan nama baik melalui media online, istri dari terdakwa Zainal Tayeb, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *