Home / Politik / Satgas Golkar Nagekeo Serahkan Bantuan Fasilitas Karantina Terpusat

Satgas Golkar Nagekeo Serahkan Bantuan Fasilitas Karantina Terpusat

Nagekeo (KitaIndonesia.Com) – Sejumlah Anggota DPRD partai Golkar, yang tergabung dalam satuan tugas penangan covid 19 kabupaten Nagekeo, NTT, memberikan bantuan fasilitas pendukung gedung karantina terpusat di pelabuhan Marapokot, Mbay, Kamis (9/4/2020).

Langkah ini mengantisipasi penularan virus covid 19 dari para pendatang atau warga dari luar yang terus memasuki wilayah kabupaten Nagekeo dalam beberapa pekan ke depan.

Bantuan diberikan kepada gugus tugas covid 19 kabupaten Nagekeo di ruang tunggu Fery ASDP pelabuahan Marapokot yang diterima langsung oleh Kapolres Nagekeo sebagai wakil ketua tim gugus tugas percepatan penanganan covid 19 Nagekeo, serta beberapa anggota tim dari Dinas Perhubungan Nagekeo selaku koordinator transportasi.

Bantuan yang diberikan Satgas Golkar ini berupa masker, kipas angin, dispenser, gorden, galon yang langsung diturunkan di ruang tunggu Fery ASDP.

Menurut Efraim CH. Muga, koordinator area transportasi tim gugus tugas penangan covid 19 Nagekeo, tempat karantina terpusat ini menggunakan gedung yang selama ini menjadi ruang tunggu penumpang fery ASDP karena lokasinya yang jauh dari pemukiman dan intensitas kapal masuk sangat minim sehingga jarang digunakan.

” Kami diperintahkan bapak bupati setelah melihat kondisi ini dan tempat ini cocok untuk karantina sementara, seandainya orang dari luar atau ada P2T2 kita langsung karantina di sini, karena lokasinya jauh dari pemukiman” katanya.

Namun menurut Efraim dalam waktu dekat tidak bisa digunakan karena masih dalam pembenahan fasilitas pendukung dan masih banyak kekurangan untuk dijadikan karantina terpusat.

” Besok ada kapal Fery ASDP, dari Jampea, Bulukumba, tiba besok malam, biasanya sekitar 20 orang dan biasanya pedagang yg di Mbay. Namun besok belum bisa, mereka sementara karantina mandiri dulu, karena gedung belum siap” jelasnya.

Ketua Gugus Satgas Penanganan Covid 19 Golkar Nagekeo, Kristianus Dua Wea, mengatakan supaya tempat ini secepatnya bisa digunakan sebagai karantina terpusat dengan fasilitas berupa gorden dan segala fasilitas ruangan disiapkan oleh partai Golkar, seperti 5 buah kipas angin, dispenser, masker, dan menyiapkan air isi ulang setiap hari selama masa karantina.

Fasilitas pendukung akan diletakan pada Ruang Tunggu penyeberangan Fery ASDP Marapokot, yang dijadikan sebagai gedung karantina sementara selama pandemi covid 19.

“Kabupaten Nagekeo sedang mengalami keterbatasan mengahadapi pandemi covid 19. Maka kami harus berjibaku bersama pemerintah mengisi segala kekurangan dan keterbatasan pemerintah,” katanya.

Selain itu Kris juga berharap ada gedung dengan kapasitas yang lebih besar yang disiapkan pemerintah sebagai karantina terpusat karena gedung yang ada di pelabuhan Marapokot sangat tidak cukup.

“Kita tidak banyak berharap hanya ada gedung satu ini karena kapasitasnya terbatas. Oleh karena itu perlu ada penanganan dan dukungan lebih lanjut dari Pemda Nagekeo, mengingat akan banyak orang Nagakeo yang pulang apalagi menjelang Paskah ini dan minggu-minggu ke depan sampai wabah virus ini berhenti dannkita bisa beraktivitas normal,” imbuhnya.

Sedangkan menurut sekretaris Satgas Covid 19 Golkar Nagekeo, Antonius Moti, bantuan ini sebagai rasa peduli pada masyarakat Nagekeo yang mulai tidak merasa nyaman karena banyak orang yang masuk secara tidak tertib dan disiplin sesuai arahan pemerintah pusat. Ia berharap pemerintah daerah juga sudah seharusnya mempersiapkan langkah dengan karantina terpusat sebagai antisipasi penyebaran virus covid 19 agar masyarakat merasa nyaman menyambut orang atau keluarga yang datang ke Nagekeo dari daerah luar terutama dari daerah terpapar virus

” Ada rasa tidak nyaman di masyarakat sehingga ada semacam penolakan buat warga buang baru datang dari luar Nagekeo, maka perlu karantina terpusat biar masyarakat merasa nyaman,” Kata Anton Moti. (KI8)

Check Also

DKPP Akan Sidangkan Kasus LPPDK Nol Rupiah Caleg di Bali

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah menjadwalkan sidang kasus dugaan manipulasi Laporan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *