Home / Nusantara / Satgas Covid-19 Desa di Denpasar Lakukan Monitoring Rutin
Satgas Covid-19 Desa melakukan monitoring di salah satu warung makan di kawasan Denpasar. (istimewa)

Satgas Covid-19 Desa di Denpasar Lakukan Monitoring Rutin

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemkot Denpasar telah membentuk Satgas Covid-19 di tingkat desa/ kelurahan, untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona (Covid-19). Dengan pembentukan Satgas tersebut, seluruh elemen masyarakat terlibat langsung dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, mulai dari STT, Linmas, Pecalang dan hingga elemen masyarakat lainnya.

Menurut Ketua Forum Perbekel Lurah Kota Denpasar, I Gede Wijaya Saputra, Satgas Covid-19 di tingkat desa/ kelurahan bertugas untuk melakukan pemantauan wilayah secara rutin. Selain itu, Satgas juga melakukan langkah-langkah pencegahan seperti menyemprot disinfektan, memberikan nasehat dan himbauan kepada masyarakat serta mengevalusai pelaksanaan kegiatan pencegahan Covid-19.

“Hak dan kewajiban desa adat, prajurunya, dan pecalang adalah bekerja sama dengan aparat desa dinas. Secara umum berupaya untuk mencegah penularan Covid-19 di desa adatnya masing-masing. Mengawasi orang-orang yang datang ke desa adatnya,” jelas Gede Wijaya, di Denpasar, Kamis (2/4/2020).

Ia menambahkan, Satgas Covid-19 Desa/ Kelurahan juga betugas mencegah masyarakat berkerumun tanpa alasan yang penting serta meminta seluruh masyarakat di wewengkon (wilayah) desa adatnya untuk tinggal di rumah (mengisolasi diri di rumah) kecuali untuk urusan yang penting juga merupakan wewenang desa adat.

“Satgas juga mengawasi agar upacara agama atau adat yang tidak mungkin dibatalkan atau ditunda dilaksanakan, dengan peserta yang minimal. Untuk pelaksanaan inti upacaranya saja sehingga jarak fisik antara orang tetap terjaga minimal 1,5 meter,” ujar Gede Wijaya.

Pihak adat, imbuhnya, juga bisa mengatur agar di tempat upacara disiapkan alat pembersih tangan atau hand sanitizer. Selanjutnya, desa adat bersama desa dinas juga melaksanakan arahan dari pemerintah pusat maupun daerah. (KI4)

Check Also

Dinas Pemajuan Desa Adat Siap Mendukung Polda Bali Wujudkan Situasi Kondusif

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Tradisi silaturahmi yang dilakukan Polda Bali dalam rangka mewujudkan situasi yang aman …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *