Home / Politik / Sambut New Normal, Golkar Bali Gelar Seminar Virtual Libatkan 20 Narasumber
Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Dr I Nyoman Sugawa Korry. (kitaindonesia.com/m susanto)

Sambut New Normal, Golkar Bali Gelar Seminar Virtual Libatkan 20 Narasumber

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – DPD Partai Golkar Provinsi Bali memberikan perhatian khusus pada upaya pemulihan ekonomi Bali di tengah pandemi Covid-19 sekaligus menyambut new normal. Buktinya setelah menggelar Focus Group Discussion (FGD) beberapa waktu lalu, DPD Partai Golkar Provinsi Bali kembali melaksanakan seminar secara virtual (webinar), Selasa (9/6/2020).

Sebanyak 20 narasumber dilibatkan dalam webinar yang mengangkat tema ‘Strategi Pembangunan Ekonomi Bali di Tengah Covid-19″ ini. Mereka terdiri dari kalangan praktisi, perbankan, akademisi, serta politisi. Mereka saling memberikan masukan serta inovasi yang menjadi prioritas dalam upaya normalisasi ekonomi Bali untuk menyambut fase kenormalan baru.

Dalam webinar yang disiarkan secara langsung melalui akun media sosial DPD Partai Golkar Provinsi Bali ini, tercatat partisipan mencapai 20.000 viewer. Mereka terlihat antusias menyimak pandangan dan gagasan para narasumber dalam seminar yang berlangsung hampir empat jam itu.

Dalam paparannya, Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr I Nyoman Sugawa Korry, menyampaikan beberapa gagasan dalam rangka membangkitkan ekonomi Bali memasuki fase new normal ini. Salah satunya, Bali didorong untuk meningkatkan ekspor. Selain itu, pengembangan sektor pertanian berbasis teknologi, harus digenjot.

“Kami juga menyarankan untuk membangun dan berinvestasi pada lembaga riset, dalam rangka menunjang sektor pertanian yang inovatif,” kata Sugawa Korry, yang juga Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali.

Hal yang tak kalah penting, lanjut politikus asal Buleleng ini, pemberian insentif dan permodalan kepada IKM dan UKM, serta industri rumah tangga dan pengolahan, pembangunan industri rumah tangga. Demikian halnya dengan stimulus bagi BUMDes dan Lembaga Perkreditan Desa (LPD).

Adapun Kepala Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali Trisno Nugroho, mengingatkan bahwa dunia semakin mengarah pada globalisasi. Karena itu, inovasi merupakan roh dari sebuah bangsa, termasuk provinsi dan kabupaten.

“Kondisi pasca pandemi ini pertumbuhan ekonomi dunia mengalami penurunan hingga 0,75 persen. Ini dirasakan sekali oleh Indonesia, tentu juga Bali yang penopangnya adalah sektor pariwisata,” tuturnya.

“Menurut data, kunjungan wisman ke Bali mencapai 40 persen. Kita lebih optimis kepada wisatawan domestik. Kalau wisatawan asing tampaknya akan berat, kecuali Bali dapat menangani Covid-19 dengan baik,” imbuh Trisno.

Adapun Prof Putu Gelgel, akademisi Universitas Hindu Indonesia (UNHI), juga menyampaikan pandangannya terkait strategi pemulihan ekonomi pasca Covid-19. Menurut dia, kearifan lokal yang dimiliki Bali merupakan modal utama yang harus dipahami oleh semua orang.

Sosial budaya merupakan pondasi dasar dalam membangun perekonomian Bali ke depan. Semangat menyama braya, gotong royong, jengah, dan semua potensi ini akan bersinergi baik dalam pencegahan Covid-19. Dan mulai memetakan kembali potensi lokal yang dulu ada, seperti rumput laut, kerajinan, petanian perkebunan, dengan potensi yang ada perlu dibina secara serius,” ucapnya.

Masih banyak gagasan lainnya yang disampaikan para narasumber dalam webinar tersebut. Di sisi lain, peserta webinar juga cukup antusias dalam memberikan pandangan.

Di bagian akhir seminar, Komang Suarsana (Kos) yang memandu webinar menyampaikan kesimpulan. Dalam waktu dekat, menurut dia, hasil webinar ini akan dirumuskan, untuk selanjutnya dibukukan dan menjadi bahan rekomendasi bagi pihak-pihak terkait.

“Semoga ini bisa menjadi rujukan terhadap pemegang kebijakan, dan hasilnya akan diserahkan kepada DPRD kabupaten dan provinsi, bupati, wali kota, dan gubernur. Secepatnya akan kita rangkum hasil webinar ini,” ujar Suarsana.

Seluruh rangkaian webinar diakhiri dengan kejutan dari Infokom DPD Partai Golkar Provinsi Bali Putu Indriawan Karna bersama tim, yang membawakan sebuah kue tar ulang tahun. Kebetulan pada kesempatan yang sama Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bali Dr Nyoman Sugawa Korry, sedang berulang tahun. (KI4)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *