Home / Nusantara / Sambut Natal, Togar Situmorang Berbagi Kasih dengan Anak Yatim Piatu
Advokat Togar Situmorang bersama rombongan berbagi kasih dengan anak-anak Panti Asuhan Kristen Baithel 400 Klungkung. (istimewa)

Sambut Natal, Togar Situmorang Berbagi Kasih dengan Anak Yatim Piatu

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Berbagi kasih dengan anak-anak yatim piatu di panti asuhan, sudah menjadi semacam kewajiban bagi Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA, menyambut Natal.

Hal ini ia lakukan sebagai wujud syukur atas rejeki yang terima selama satu tahun yang lewat, sekaligus memohon berkat Tuhan untuk tahun berikutnya.

Seperti Sabtu, 18 Desember 2021, Togar Situmorang bersama rombongan, mengunjungi Panti Asuhan Kristen Baithel 400 di Jalan Jempiring 22 Klungkung, Bali, dan berbagai kasih dengan anak-anak yatim piatu di panti ini.

“Hidup di dunia adalah suatu perjalanan yang harus kita tempuh setapak demi setapak, detik demi detik, hari demi hari seperti Musafir yang menempuh perjalanan panjang dan melelahkan. Terkadang dalam perjalanan ada orang sirik yang menghadang, ada ujian, pencobaan, tantangan. Karena itu, perhatikanlah dengan saksama bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif (Efesus 5:15),” tutur Togar Situmorang, usai kunjungan tersebut.

Atas dasar itu, kata kandidat Doktor Ilmu Hukum Universitas Udayana ini, setelah perjalanan panjang tahun 2021, waktunya mensyukuri nikmat yang Tuhan berikan.

“Kesuksesan dan harta duniawi jangan sampai membuat kita lupa untuk berbagi kasih kepada sesama,” tutur Togar Situmorang, yang digadang-gadang maju sebagai calon gubernur pada Pilgub DKI Jakarta mendatang.

Ia bahkan tampak bahagia bersama anak-anak yatim piatu pada kesempatan tersebut. Ia tanpa canggung berinteraksi langsung, dan membagi senyuman.

Bukan hanya Togar Situmorang, tim advokat hingga staf Law Firm Togar Situmorang juga melakukan hal serupa. Para staf yang masing berbeda agama tampak memperlihatkan jiwa toleransi yang kuat.

Advokat Togar Situmorang bersama rombongan berbagi kasih dengan anak-anak Panti Asuhan Kristen Baithel 400 Klungkung. (istimewa)

“Ini penting. Jangan karena perbedaan agama, justru menghalangi kita berbagi kasih dan kebahagiaan. Akan lebih menyenangkan saat kita tidak terkotak – kotak karena perbedaan,” tandas pengamat kebijakan publik ini.

Togar Situmorang pantas bersyukur. Advokat kondang yang sering menerima penghargaan ini juga piawai dalam menangani kasus. Ia bahkan selalu berhasil menang dalam setiap kasus.

Sukses sebagai advokat kondang membuat banyak orang iri dengan keberhasilan Togar Situmorang yang mempunyai kantor berjaringan di berbagai daerah seperti Jakarta, Bali, Bandung ini.

Bahkan sepanjang 2021, merupakan tahun yang cukup berat bagi Togar Situmorang. Ada banyak peristiwa hukum yang menerpa dirinya sebagai advokat, seperti dilaporkan di Polresta Kota Denpasar oleh WNA German atas dugaan penggelapan dan berakhir dikeluarkan penetapan SP3 karena tidak melakukan perbuatan seperti yang dituduhkan WNA itu.

Karena sudah dihentikan Polresta Denpasar, ia berharap laporannya kepada WNA German di Polda Bali atas Pasal 378 tentang Dugaan Penipuan agar bisa berjalan dengan segera. Bahkan untuk buktikan bahwa WNA tersebut telah ingkar janji alias berbohong maka digugat wanprestasi terhadap WNA German tersebut dan berhasil menang serta dikabulkan Pengadilan Negeri Denpasar. WNA itu harus membayar jasa perjanjian hukum yang belum dibayar.

Ada juga persidangan wanprestasi Nomor 633/ pdt.G/ 2020 di mana ada saksi memberikan kesaksian palsu di hadapan Ketua Majelis Hakim. Selanjutnya Dumas Nomor 476/ XI/2020 di Polda Bali, agar bisa segera dituntaskan untuk kepastian hukum.

Polda Bali juga diharapkan memeroses Dumas Nomor 60/ II/2021/ Ditreskrimum, 9 Februari 2021, tentang pencemaran nama baik dan fitnah yang dilakukan oleh dua orang advokat inisial EMS dan INN yang sudah dilaporkan secara bersama wartawan S karena fitnah dalam tulisan mereka semua melalui berita media online.

Selain masalah hukum, pada Juni sampai Juli 2021, Togar Situmorang juga sempat dirawat di RS Bali Mandara karena terjangkit Covid-19. Ia bahkan melawan maut selama 16 hari di Ruang ICU.

“Karena berkat kasih Tuhan Yesus, melalui para dokter juga perawat, saya bisa kembali sehat dari virus Covid-19 yang sangat mematikan tersebut,” tutur Togar Situmorang.

Setelah sehat, Togar Situmorang mendapat kado manis dari Pengadilan Militer, Denpasar pada 30 November 2021, yang telah memutuskan Perkara Nomor 21-K/ PM-III-14/ AD/ VII/2021 atas nama Peltu Muhaji, yang divonis bebas. Muhaji merupakan klien Togar Situmorang dalam kasus pidana.

Ia pun berharap Kapolda Bali dapat mengintruksikan Direktorat Kriminal Umum agar DUMAS/ 401/ X/2020, tanggal 3 Oktober 2020 dan ditangani pada Unit 5 Subdit 2, untuk segera dihentikan, karena jelas apa yang dilaporkan “H” telah menyekap merupakan fitnah keji kepada dirinya selaku advokat.

Di sisi lain, Peltu Muhaji juga telah melaporkan “H” dengan Dumas 433/X/ 2020/ Ditreskrimum tanggal 26 Oktober 2020 tentang dugaan larangan pemakaian tanah tanpa izin yang berhak dan atau kuasanya dimana yang diadukan Muhaji dengan Teradu H terhadap objek tanah yang berada di Jalan Batas Dukuh Sari, Gg Merak Nomor 18, Sesetan Denpasar.

Ada juga aduan Togar Situmorang dengan Dumas/ 708/ X/2020 di Direktorat Reserse Kriminal Khusus terkait pencemaran nama baik karena sempat viral dalam YouTube Teradu “H” yang menyebutkan Advokat Togar Situmorang telah menyekap dirinya.

“Untuk berbagai permasalahan hukum tersebut, saya yakin kebenaran tidak akan kalah karena fitnah,” ujar Togar Situmorang.

Sehingga sebagai wujud rasa syukur, dirinya bersama para advokat, admin, beserta keluarga besar Law Firm Togar Situmorang, PBH Panglima Hukum, PT Bali Global Service (BGS), melakukan kegiatan berbagi kasih berupa pembagian sembako, makan nasi jinggo bersama anak yatim piatu, pemberian pakaian dan pembagian amplop berupa dana tunai untuk seratus anak di Panti Asuhan Kristen Baithel 400.

“Tahun 2021 ini adalah tahun yang luar biasa, tidak akan melakukan hal bebal hanya untuk memuaskan perhatian kepada hal duniawi dan kami percaya semua ini karena izin Tuhan Yesus,” tuturnya.

“Biarlah makna perayaan Natal mewarnai dan memaknai perjalanan kita ke depan dan berharap kita semua menghargai waktu sebagai berkat yang sangat berharga dari Tuhan sehingga tidak asal menjalani hidup ini,” imbuh Togar Situmorang, sembari berharap bisa kembali tahun depan berbagi kasih dengan anak-anak panti asuhan.

Ia pun mengajak untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2022 dengan penuh sukacita. Sembari berharap tahun depan lebih bermanfaat lagi bagi orang banyak.

“Selamat menyambut Hari Natal Yesus Kristus dan selamat menyongsong Tahun Baru 2022. Tetap semangat, taat prokes dan jangan pernah menyerah dalam perjuangan hidup, Tuhan Yesus memberkati” pungkas Togar Situmorang yang memiliki kantor di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar; Jalan Raya Gumecik Gg Melati Nomor 8, By Pass Prof IB Mantra, Ketewel; Jalan Teuku Umar Barat Nomor 10, Krobokan; Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gd Piccadilly; serta Jalan Terusan Jakarta Nomor 181 Ruko Harmoni Kav 18, Antipani, Bandung. (KI-01)

Check Also

Jaga Kondusifitas Jelang Pemilu, Demokrat Siap Bersinergi dengan Polda Bali

KitaIndonesia.Com – DPD Partai Demokrat Provinsi Bali menegaskan komitmennya untuk menjaga kondusifitas keamanan dan ketertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *