Home / Nusantara / Sambut HPN, Wartawan di Manggarai Barat Berbagi Ilmu dengan Siswa
Ketua Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat, Servatinus Mammilianus, saat berbagi ilmu dengan siswa SMK Bina Mandiri, Nggorang. (kitaindonesia.com/itho umar)

Sambut HPN, Wartawan di Manggarai Barat Berbagi Ilmu dengan Siswa

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) melaksanakan sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2020, yang jatuh pada tanggal 9 Februari mendatang. Salah satunya adalah dengan berbagi ilmu bersama siswa-siswi SMK Bina Mandiri, Nggorang, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (6/2/2020).

“Kita akan menggelar beberapa kegiatan untuk memeriahkan Hari Pers Nasional 2020. Hari ini kita laksanakan Sharing Jurnalistik kepada adik-adik di sekolah ini (SMK Bina Mandiri, red) untuk menumbuhkan minat menulis dan mampu menambah pengetahuan para siswa,” jelas Ketua PWMB, Servatinus Mammilianus, di sela-sela kegiatan.

Ia berharap, dengan berbagi ilmu ini para siswa termotivasi untuk menulis. Apalagi pada kesempatan tersebut, Servatinus dan wartawan lainnya di Manggarai Barat juga berbagi pengetahuan tentang menulis berita yang baik dan benar.

“Jadi kita perlu berbagi ilmu dengan para siswa terkait bagaimana menulis berita yang baik dan benar, minimal dasar-dasarnya saja,” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, para jurnalis dari berbagai media cetak dan elektronik yang sempat hadir memaparkan teknik-teknik penulisan berita serta penggunaan rumus jurnalistik 5W + 1H. Selain itu, mereka juga menjelaskan tentang kode etik jurnalistik, yang menjadi rambu – rambu bagi wartawan dalam melaksanakan tugasnya.

“Kita mempunyai tugas untuk menyalurkan informasi atau berita, tetapi kita juga memiliki etika dalam menulis berita, semisalnya keseimbangan informasi dan narasumber,” tegas Servatinus.

Sementara Kepala SMK Bina Mandiri, Dionisius Rajen, mengapresiasi kegiatan PWMB ini. Ia menyebut, kegiatan ini tentu sangat bermanfaat bagi anak didik di sekolah itu.

“Setidaknya ini menambah wawasan mereka menulis dan memahami konsep dasar menulis,” tutur Dionisius. (KI21)

Check Also

Percepat Transaksi Secara Elektronik, Pemkot Denpasar Dukung Pembentukan TP2DD

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Untuk mempercepat sistem transaksi secara elektronifikasi dan digital di daerah-daerah, Bank Indonesia …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *