Home / Nusantara / Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Mabar Gelar Baksos di Labuan Bajo
Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK, MSi (kanan - jongkok), memimpin langsung aksi membersihkan sampah di pantai di Labuan Bajo. (istimewa)

Sambut Hari Bhayangkara Ke-75, Polres Mabar Gelar Baksos di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Polres Manggarai Barat (Mabar) menggelar kegiatan bakti sosial (Baksos) di Labuan Bajo, Jumat 25 Juni 2021 pagi. Baksos dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75 ini dilakukan dengan aksi bersih–bersih sampah objek wisata hingga rumah ibadah.

Untuk Baksos kali ini, Polres Mabar menggandeng Koramil 1612-02/ Komodo, Klinik Omsa Medic Marina Labuan Bajo serta aktivis peduli lingkungan. Kegiatan yang berlangsung sekitar tiga jam ini dipimpin langsung oleh Kapolres Mabar AKBP Bambang Hari Wibowo, SIK, MSi, dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Sampah plastik telah menjadi ancaman yang serius. Tidak hanya sampah yang berasal dari daratan Labuan Bajo, tapi juga sampah dari pelayaran laut dan yang terbawa arus serta dari pulau–pulau kecil sekitarnya,” jelas Bambang Hari Wibowo, disela kegiatan.

Atas dasar itu, dalam Baksos kali ini pihaknya mengumpulkan sampah–sampah di pesisir pantai, terutama sampah plastik.

“Tujuannya adalah kita memberikan contoh kepada masyarakat untuk turut aktif dan peduli terhadap kebersihan lingkungan, khususnya kebersihan perairan Taman Nasional Komodo (TNK) dan pantai yang ada di Labuan Bajo,” ucapnya.

“Ini juga bentuk edukasi kepada masyarakat bahwa menjaga biota laut salah satu caranya adalah menjaga kebersihan lingkungan baik di pantai maupun di sekitaran laut. Untuk di laut kita juga menggunakan Kano untuk memungut sampah–sampah yang ada di perairan,” imbuh Bambang Hari Wibowo.

Ia menambahkan, bersih–bersih sampah di objek wisata ini dilatarbelakangi oleh keadaan lingkungan yang semakin memprihatinkan, di mana terdapat banyak sampah yang ada di laut dan di pesisir pantai.

“Apalagi, Labuan Bajo saat ini sudah menjadi destinasi pariwisata super premium yang memiliki banyak pantai dan merupakan tempat rekreasi masyarakat, harus bersih dan terlihat indah. Makanya kita mengajak berbagai stakeholder, elemen dan unsur masyarakat bersama–sama membersihkan pantai serta laut,” ujarnya.

Sementara itu aktivis peduli lingkungan Stefan Rafael, mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Polres Mabar ini. Apalagi kegiatan ini juga menggandeng TNI dan masyarakat.

“Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagian besar gerak hidupnya berasal dari garis pantai dan kita memulai upaya kebersihan dari pantai, kita pasti bisa karena banyak yang membantu mulai dari TNI-Polri dan masyarakat yang bersatu padu untuk kebersihan Indonesia,” tuturnya.

Selain membersihkan pantai dan laut, dalam Baksos kali ini juga difokuskan pada kebersihan rumah ibadah seperti Gereja Pantekosta Bukit Sion, Gereja GMIT Gunung Salmon, Gereja Roh Kudus Labuan Bajo, Masjid Nurul Fallah Waemata dan Pura Agung Giri Segara Labuan Bajo. (KI-05)

Check Also

Enam Napi Rutan Negara Dipindahkan ke Lapas Karangasem

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak enam narapidana (Napi) kasus pidana umum di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *