Home / Peristiwa / Nasional / Salurkan Kewajiban CSR, Sedana Luwih Santuni Puluhan Anak Yatim di Karangasem
Foto: Penyerahan CSR dari Koperasi Sedana Luwih kepada Warga Karangasem, Selasa (14/4). (Istimewa)

Salurkan Kewajiban CSR, Sedana Luwih Santuni Puluhan Anak Yatim di Karangasem

Amlapura (KitaIndonesia.Com)– Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) tak menyurutkan niat tulus Koperasi Sari Sedana Luwih untuk berbagi. Selasa (14/4), koperasi yang beralamat di Jalan Raya Padang Luwih No. 87, Banjar Pendem, Desa Dalung, Kuta Utara, Badung itu menunaikan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) kepada 66 anak yatim, piatu, lansia serta keluarga kurang mampu di Desa Adat Angantelu dan Gegelang, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem.

Penyerahan dilakukan sesuai protokol kesehatan dari pemerintah untuk meminimalisir kerumunan massa. Para penerima bantuan hanya diwakili lima orang anak usia sekolah dasar bertempat di Sekretariat Yayasan Dharma Sedana Santhi Desa Antiga Kelod. Selanjutnya, yayasan menyalurkan bantuan sebesar Rp 500 ribu per orang kepada nama-nama yang berhak.

Manajer Koperasi Sari Sedana Luwih I Gusti Agung Ngurah Darma Susila, SE., M.Si., menjelaskan, tahun ini pihaknya menggelontorkan total Rp 150 juta atau 10 persen dari laba tahun 2019 sebesar Rp 1,5 Miliar. CSR ini dibagi untuk dana sosial, biaya pendidikan anggota serta mendukung pembangunan di daerah kerja.

“Kegiatan seperti ini rutin setiap tahun serangkaian HUT koperasi tiap 4 April. Tahun ini, untuk pertama kali kami menyasar Karangasem yang difasilitasi oleh Yayasan Dharma Sedana Santhi,” terangnya didampingi Kepala Desa Dalung yang juga pengurus koperasi, IGede Putu Arif Wiratya serta pengawas koperasi.

Agung Darma Susila juga memberi bantuan Rp1,5 juta untuk Yayasan Dharma Sedana Santhi sebagai bentuk apresiasi karena berkontribusi meningkatkan pendidikan di daerahnya. “Saya dengar di sini banyak yang putus sekolah, yayasan ini menyediakan kejar paket untuk jenjang pendidikan lanjutan, itu luar biasa,” puji peraih Magister pada Prodi Ilmu Agama dan Kebudayaan Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar tersebut.

Pihaknya menyadari, bantuan yang diberikan tidaklah besar, namun ia menjamin tidak ada pamrih apapun, apalagi kepentingan politik praktis. Ia berharap bantuan yang diberikan dimanfaatkan untuk kepentingan sekolah dan konsumsi apalagi di tengah pandemi Covid-19. Agung Darma Susila juga berharap, perusahaan-perusahaan besar di Bali menggelontorkan CSR untuk membantu masyarakat sehingga tidak terkesan hanya mencari keuntungan saja.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Dharma Sedana Santhi I Wayan Pasek Sujena sangat mengapresiasi bantuan yang dikucurkan salah satu koperasi terbaik di ‘Gumi Keris’ tersebut yang mencapai Rp 34,5 juta. Bantuan tersebut, menurutnya sangat berarti bagi penerima.

Diakuinya, jumlah anak yatim, piatu, cacat, lansia dan keluarga kurang mampu cukup banyak di daerahnya. Tetapi dia tidak ingin serta merta menyalahkan pemerintah, mengingat kondisi keuangan setiap daerah berbeda-beda. “Yang kami utamakan adalah hak pendidikan mereka. Selanjutnya bantuan kebutuhan pokok. Kami sering menerima bantuan dari donatur, tapi kali ini yang paling banyak,” kata Sujena.

Ia mengajak para penerima bantuan mendoakan agar Koperasi Sedana Luwih semakin maju di ulang tahunnya ke-16. Sujena juga menginginkan Koperasi Sedana Luwih berkenan menjadi orangtua asuh sejumlah anak yatim-piatu di desanya.

Sebelum menyerahkan bantuan, pimpinan Koperasi Sedana Luwih terlebih dahulu melakukan persembahyangan di Pura Goa Lawah dan Pura Andakasa, sembari menghaturkan ‘punia’, masker serta wastra untuk Jero Mangku setempat. (KI6)

Check Also

Yovie Megananda Nakhodai PERADI Bandung, Togar Situmorang: Selalu Jaga Marwah Advokat

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Perhimpunan Advokat Indonesia Rumah Bersama Advokat (PERADI – RAB) Bandung menggelar Musyawarah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *