Home / Kesehatan / RS Bali Mandara Gelar Simposium Hari Sepsis Dunia
Direktur Rumah Sakit Bali Mandara dr Gede Bagus Darmayasa. (istimewa)

RS Bali Mandara Gelar Simposium Hari Sepsis Dunia

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Setiap tanggal 13 September, masyarakat internasional memperingati Hari Sepsis Dunia. Momentum tersebut merupakan kesempatan bagi masyarakat dunia untuk bersatu dan melawan Sepsis.

Serangkaian memperingati Hari Sepsis Dunia ini, RS Bali Mandara menggelar simposium tentang sepsis di Auditorium RS Bali Mandara, Jalan Bypass Ngurah Rai, Sanur, Denpasar, Sabtu (23/11/2019). Simposium ini diselenggarakan hasil kerja sama RS Bali Mandara dengan Kolegium Anastesiologi dan Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

“Lebih kurang 150 dokter dari berbagai daerah mengikuti simposium ini. Semoga simposium ini ada manfaatnya untuk dunia kesehatan di Bali,” kata Direktur RS Bali Mandara dr Gede Bagus Darmayasa, MRepro, usai kegiatan.

Menurut dia, setiap harinya 1.000 orang meninggal karena sepsis. Bahkan secara global, kematian akibat sepsis lebih banyak dibandingkan AIDS, kanker prostat dan kanker payudara.

“Sepsis merupakan penyakit mematikan yang paling sering ditemui sehari-hari, tetapi sayangnya tidak begitu banyak orang yang mengetahui mengenai sepsis,” ujarnya.

“Diharapkan dengan kegiatan ‘7th World Sepsis Day 2019’ ini akan menjadi kampanye positif, tidak hanya untuk meningkatkan kepedulian masyarakat tapi juga sebagai bentuk solidaritas dan dukungan bagi jutaan orang-orang terdampak sepsis,” imbuh Bagus Darmayasa.

Diketahui, sepsis adalah komplikasi berbahaya akibat infeksi. Komplikasi infeksi tersebut dapat menimbulkan tekanan darah turun drastis serta kerusakan pada banyak organ. Kedua hal ini dapat menimbulkan kematian.

Pada saat terjadi infeksi, sistem kekebalan tubuh akan aktif untuk melawan penyebab infeksi. Sepsis muncul ketika sistem kekebalan tubuh ini melawan infeksi secara tidak terkendali. (KI4)

Check Also

Cegah Penyebaran Covid, MUI Imbau Masyarakat Tak Mudik saat Lebaran

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Ketua MUI Provinsi Bali, H …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *