Home / Politik / Rikar Jani Jamin Rekomendasi Diberikan Kepada Yang Ikut Penjaringan

Rikar Jani Jamin Rekomendasi Diberikan Kepada Yang Ikut Penjaringan

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Manggarai Barat, Rikardus Jani, menjamin bahwa pada Pilkada Manggarai Barat 2020 nanti partainya akan menjatuhkan rekomendasi kepada calon yang mengikuti proses penjaringan.

Menurut dia, proses penjaringan di internal Partai Demokrat dilakukan dari tingkatan struktur paling bawah. Karena itu, tidak ada kemungkinan Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, di luar nama-nama yang mengikuti proses pendaftaran.

“Proses penjaringan di Demokrat harus dari bawah, dari DPC, itu sesuai instruksi DPD. Karenanya, tidak ada kemungkinan SK diberikan kepada kandidat yang tidak mendaftar di DPC,” tegas Rikar Jani, di Labuan Bajo, Jumat (1/11/2019).

Menurut anggota DPRD Kabupaten Manggarai Barat dua periode ini, pihaknya sudah melakukan proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Manggarai Barat. Selanjutnya, akan dilakukan fit and propertest terhadap semua figur yang telah mendaftar. Uji kepatuhan dan kelayakan tersebut akan dilakukan oleh DPP Partai Demokrat.

“Fit and propertest dilakukan oleh DPP. Soal waktu dan tempatnya kami menunggu informasi resmi dari DPP,” jelas Rikar Jani.

Ia menambahkan, dari proses pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati yang telah dilakukan, ada total 14 tokoh yang mendaftar di partai bernomor urut 14 itu. Dari total 14 tokoh ini, sembilan (9) orang di antaranya mendaftar sebagai bakal calon bupati. Sisanya lima (5) orang mendaftar sebagai bakal calon wakil bupati.

“Yang mendaftar sebagai bakal calon bupati ada sembilan orang. Sedangkan sebagai wakil, ada lima orang. Semua administrasinya lengkap,” papar Rikar Jani.

Kesembilan bakal calon bupati yang mendaftar tersebut, masing-masing adalah Ferdinandus Pantas, Agustinus Tereng, Mateus Hamsi, Yosef Sampurna Nggarang, Fransisco Andriani Djaga Jemalu, Maria Geong, Fransiskus Sukmaniara, Wilfridus Fidelis Pranda, dan Adrianus Garu.

Sedangkan lima orang bakal calon wakil bupati yang mendaftarkan diri di Partai Demokrat, antara lain Petrus Elias Jemadu, Fidelis Sukur, Tobias Wanus, Bernadus Barat Daya, dan Hj Andi Rizky Nur Cahya.

Dari total 14 nama tersebut, enam orang di antaranya mendaftar sebagai pasangan calon bupati dan wakil bupati. Mereka adalah pasangan Ferdinandus Pantas – Petrus Elias Jemadu (FRESH), Agustinus Tereng – Fidelis Sukur (GUIDE) dan Mateus Hamsi – Tobias Wanus (HATI). (KI21)

Check Also

Dugaan Politik Uang, AMMPD dan BASMI Desak Bawaslu Lampung Bersikap Tegas

Lampung (KitaIndonesia.Com) – Aliansi Mahasiswa Masyarakat Pemantau Demokrasi (AMMPD) Lampung bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *