Home / Nusantara / Remisi Idulfitri, 1 Napi di Lapas Kerobokan Langsung Bebas
Penyerahan SK Remisi Khusus Idulfitri 1442 H kepada warga binaan di Lapas Kerobokan. (istimewa)

Remisi Idulfitri, 1 Napi di Lapas Kerobokan Langsung Bebas

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Sebanyak 281 narapidana (Napi) yang beragama Islam di Lapas Kelas IIA Kerobokan mendapatkan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 280 orang di antaranya mendapatkan remisi berupa pengurangan masa tahanan. Sementara satu (1) orang mendapatkan RK II atau langsung bebas.

Menurut Kepala Kanwilkumham Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk, remisi yang diterima warga binaan pemasyarakatan (WBP) merupakan hak yang diberikan negara atas pencapaian yang dilakukan selama menjalani pembinaan di Lapas/ Rutan.

“Pemberian Remisi Khusus Idulfitri diharapkan memotivasi WBP untuk mencapai peryadaran diri dan selalu meningkatkan optimisme dalam menjalankan pidana,” tutur Jamaruli Manihuruk, di Denpasar, Kamis 13 Mei 2021.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) mengusulkan 291 nama napi untuk mendapatkan RK Khusus Idulfitri. WBP yang diusulkan mendapatkan RK Idulfitri 1442 H yakni remisi 15 hari sebanyak 52 orang, RK 1 bulan sebanyak 210 orang, remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 23 orang, dan remisi 2 bulan sebanyak 6 orang.

Dari usulan itu, jelas Jamaruli Manihuruk, yang mendapatkan SK sebanyak 281 orang. Rinciannya, RK 15 hari sebanyak 52 orang, remisi 1 bulan sebanyak 200 orang, remisi 1 bulan 15 hari sebanyak 22 orang dan remisi 2 bulan sebanyak 7 orang.

“Satu orang pindahan dari Lapas Karangasem, dan yang belum turun sebanyak 11 orang karena ada perbaikan usulan,” urai Jamaruli Manihuruk. (KI-01)

Check Also

Loccal Collection Berbagi Kasih dengan Anak-anak Panti Asuhan di Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Loccal Collection Hotel Labuan Bajo menunjukkan kepeduliannya kepada sesama, dengan berbagi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *