Home / Peristiwa / Nasional / Refleksi HUT RI, Hermawi Taslim: Momentum Antisipasi Ancaman Brain Drain
Ketua Umum Forkoma PMKRI Hermawi Taslim. (istimewa)

Refleksi HUT RI, Hermawi Taslim: Momentum Antisipasi Ancaman Brain Drain

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Ketua Umum Forum Komunikasi Alumni Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (Forkoma PMKRI) Hermawi Taslim, mengatakan, Indonesia perlu mengantisipasi ancaman brain drain pada generasi muda yang belajar di luar negeri.

Hal itu penting, demikian Taslim, mengingat potensi sumber daya manusia (SDM) sangat diperlukan dalam membangun bangsa yang adil dan makmur.

“Antisipasi perlu dilakukan karena beberapa negara tetangga lain sudah melakukan rekrutmen bagi generasi muda Indonesia sejak beberapa tahun lalu,” ujar Taslim, di Jakarta, Rabu 18 Agustus 2021, dalam rangkaian Renungan HUT ke-76 Kemerdekaan RI yang digelar organisasi Alumni Kelompok Cipayung.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari pendiri Kelompok Cipayung Akbar Tanjung, serta keynote speaker dari Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menurut Taslim, tentu wajar jika cukup banyak mahasiswa yang belajar di luar negeri untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pendidikan SDM di Indonesia.

Hanya saja, setelah belajar di luar negeri dengan beasiswa penuh, potensi SDM unggul tersebut seharusnya kembali dan membangun Indonesia.

“Bukan hanya pada lulusan sekolah menengah atas (SMA), tetapi belakangan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga banyak direkrut untuk melanjutkan pendidikan yang semuanya tidak memungut biaya sepeser pun dari orangtua. Tidak sedikit dari generasi muda tersebut kemudian enggan kembali ke Indonesia,” tegas Taslim.

Jika tak diantisipasi, imbuhnya, ancaman brain drain atau situasi di mana sebuah negara kehilangan sumber daya manusia terbaiknya, akan semakin nyata. (KI-01)

Check Also

Rencana Bali Dibuka Bagi Wisman, Jamaruli Manihuruk: Petugas Imigrasi Selalu Siap di Lapangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana membuka pintu bagi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *