Home / Peristiwa / Nasional / Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’
Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA. (istimewa)

Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) pimpinan Prof Otto Hasibuan, SH, MH, di Surabaya, 11 – 12 November 2021, berjalan sukses.

Sukses pelaksanaan Rakernas dengan tema ‘Melalui Rakernas Kita Tetap Mempertahankan dan Perkokoh PERADI Sebagai Organ Negara dan Single Bar’ ini diapresiasi anggota PERADI, termasuk Advokat Togar Situmorang, SH, MH, MAP, CMed, CLA.

Tema tersebut, menurut dia, tentu diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas advokat serta pentingnya organisasi advokat tetap dalam sistem wadah tunggal.

“Tema tersebut jelas sesuai dengan amanat peraturan perundang – undangan,” kata Togar Situmorang, di Denpasar, Minggu 14 November 2021.

“Penyatuan advokat dalam PERADI yang belum terlaksana dapat menghambat terwujudnya marwah lembaga sebagai organ negara dan wadah tunggal untuk mengatur semua kepentingan advokat,” imbuh pemilik Law Firm Togar Situmorang yang berkantor di Provinsi Bali di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Denpasar, Jalan Teuku Umar Barat Nomor 10 Denpasar, dan Jalan Raya Gumecik Gg Melati Nomor 8 Ketewel, By Pass Prof IB Mantra; di DKI Jakarta di Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Gedung Piccadilly Jakarta Selatan; serta di Jawa Barat di Jalan Terusan Jakarta Nomor 181 Ruko Harmoni Kav 18 Antipani, Kota Bandung, ini.

Advokat berdarah Batak inipun sangat mengapresiasi kerja keras Ketua Umum PERADI Prof Otto Hasibuan, SH, MH, terkait upaya mewujudkan single bar ini.

“Karena apabila PERADI menjadi wadah tunggal, tentu akan dapat melakukan pembinaan dan memperkuat serta meningkatkan kemampuan intelektual serta etika seorang advokat,” tutur Togar Situmorang.

“Advokat adalah primus inter pares, the best of best, maka dibutuhkan wadah tunggal, single bar, karena wadah single bar yang memungkinkan menghasilkan advokat prima,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, single bar berlaku di seluruh dunia. Di Indonesia, hal ini diatur Undang Undang Advokat Nomor 18 Tahun 2003. Single bar ini penting untuk melindungi kepentingan publik pencari keadilan.

“Apabila mutu serta profesionalme advokat merosot, tentu akan merugikan masyarakat karena akan menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap kepastian hukum,” ucapnya.

“Saya sangat mendukung para senior PERADI agar bersatu, sehingga PERADI menjadi wadah singel bar, tidak ada lagi multibar dan membuat PERADI ke depan menjadi organisasi profesi yang sangat solid dan kuat,” imbuh Togar Situmorang.

Ia tak menampik, perdebatan hangat tentang single bar atau multibar selalu menjadi topik hangat di kalangan advokat, apalagi Mahkamah Agung mengeluarkan keputusan Nomor 73/ KMA/ HK.01/ IX/ 2015, yang intinya Pengadilan Tinggi dapat mengambil sumpah advokat dari organisasi manapun.

Namun Togar Situmorang mengimbau agar para advokat tetap mengutamakan kepentingan masyarakat pencari keadilan secara optimal.

Hal ini merujuk amanat Pasal 5 ayat 1 UU Nomor 18 Tahun 2003, yang menyebutkan ‘Advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin oleh hukum dan peraturan perundang – undangan. Jadi advokat sejajar dengan polisi, jaksa atau hakim.

“Dengan suksesnya pelaksanaan Rakernas, kita harapkan bersama para advokat bisa menjaga nama baik dan marwah PERADI guna membantu masyarakat mencari keadilan,” tutur Togar Situmorang.

“Tentunya kita berharap dari Rakernas ini dapat segera terwujud organisasi PERADI menjadi wadah singel bar sebagai organ negara sesuai amanat Undang Undang Nomor 18 Tahun 2003 Tentang Advokat,” pungkasnya. (KI-01)

Check Also

Pencopotan Dirjen Bimas di Kementerian Agama, Mantan Hakim MK Bersurat Ke Presiden

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia I Dewa Gede Palguna, mengirimkan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *