Home / Peristiwa / Nasional / Quotes RA Kartini untuk Wanita Indonesia: Jangan Pernah Menyerah Jika Kamu Masih Ingin Mencoba
RA Kartini. (tangkap layar lpmp kemendikbud)

Quotes RA Kartini untuk Wanita Indonesia: Jangan Pernah Menyerah Jika Kamu Masih Ingin Mencoba

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April, yang merupakan hari lahir pahlawan emansipasi wanita RA Kartini. Ia adalah pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Melalui surat-surat yang ditulis kepada sahabat-sahabatnya, Kartini banyak melontarkan pemikirannya tentang kaum perempuan di Indonesia saat itu termarginalkan. Kartini juga menuntut perempuan untuk mendapatkan pendidikan.

Tak heran jika pengaruh dan kontribusi Kartini di masanya, sangatlah besar bagi wanita Indonesia. Bukan itu saja, banyak pemikiran Kartini yang bahkan menggetarkan jagat intelektual Belanda.

Berikut ini beberapa kata-kata bijak RA Kartini untuk wanita Indonesia, yang disarikan dari berbagai sumber:

1. Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.

2. Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.

3. Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yang datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yang membiarkannya datang.

4. Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.

5. Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.

6. Karena ada bunga mati, maka banyaklah buah yang tumbuh. Demikianlah pula dalam hidup manusia. Karena ada angan-angan muda mati, kadang-kadang timbullah angan–angan lain, yang lebih sempurna, yang boleh menjadikannya buah.

7. Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.

8. Tahukah engkau semboyanku? ‘Aku mau!’ Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata ‘Aku tiada dapat!’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.

9. Anak perempuan yang pikirannya telah dicerdaskan serta pandangannya telah diperluas tidak akan sanggup lagi hidup dalam dunia nenek moyangnya.

10. Sampai kapanpun, kemajuan perempuan itu ternyata menjadi faktor penting dalam peradaban bangsa.

Itu hanya 10 dari banyak quotes RA Kartini untuk perempuan-perempuan Indonesia, yang sangat memotivasi. Selamat Hari Kartini. (KI-01)

Check Also

Rencana Bali Dibuka Bagi Wisman, Jamaruli Manihuruk: Petugas Imigrasi Selalu Siap di Lapangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana membuka pintu bagi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *