Home / Peristiwa / Nasional / PWMB Tanam 1.000 Anakan Pohon di Desa Liang Ndara
Kegiatan penanaman anakan pohon yang dilaksanakan oleh PWMB. (kitaindonesia.com/itho umar)

PWMB Tanam 1.000 Anakan Pohon di Desa Liang Ndara

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Perhimpunan Wartawan Manggarai Barat (PWMB) menanam 1.000 anakan pohon di Mata Air Wae Mowol, Desa Liang Ndara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (13/08/2020). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan HUT ke-75 RI.

Menurut Ketua Panitia, Afri Magung, kegiatan kali ini mengusung tema “Wartawan Peduli Lingkungan”. Kegiatan ini dilaksanakan bersama Bank NTT Cabang Labuan Bajo, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Wilayah Manggarai Barat (Mabar), serta tokoh masyarakat dan tokoh adat Desa Liang Ndara.

“Kegiatan ini kita laksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, terutama sumber mata air. Ada sekitar 1.000 anakan pohon yang kita tanam, dengan dukungan KPH Manggarai Barat,” papar Afri, di sela-sela kegiatan tersebut.

Ia menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini juga sebagai upaya menggerakan hati masyarakat, khususnya warga di sekitar sumber mata air, untuk menjaga kelestarian lingkungan serta tidak melakukan penebangan pohon.

“Sumber air Labuan Bajo, ya, di sini. Kalau air habis, tentu akan berdampak pada krisis air di Labuan Bajo. Karena itu, harapan kami, dari kegiatan ini mampu menggerakan hati nurani masyarakat khususnya masyarakat sekitar mata air, untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan wilayah hutan mata air,” ujarnya.

Sementara itu Ketua PWMB Gerasimos Satria, mengapresiasi kekompakan para wartawan yang tergabung dalam organisasi yang dipimpinnya. Ia juga menyampaiakan terima kasih kepada para pihak terkait yang mendukung sekaligus terlibat langsung dalam kegiatan ini.

“Jauh-jauh hari kita rencanakan kegiatan penanaman pohon ini. Dan puji Tuhan, hari ini terwujud. Atas nama perhimpunan, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan ini,” kata Satria.

Adapun Pimpinan Cabang Bank NTT Labuan Bajo Vincent Roma, menyambut baik kegiatan ini. Ia menilai, kegiatan penanaman pohon ini sangat bermanfaat, selain bagi lingkungan, juga bagi keberlangsungan hidup masyarakat.

“Begitu disampaikan bahwa perhimpunan wartawan akan melaksanakan penananam pohon di sini, kami sambut baik. Dan bersama beberapa rekan dari Bank NTT Labuan Bajo, kami hadir untuk melakukan penanaman pohon,” tutur Roma, yang hadir langsung di lokasi kegiatan. (KI-21)

Check Also

Angka Kematian Covid-19 Meningkat di 5 Provinsi, Termasuk NTT

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat grafik angka kematian Covid-19 meningkat pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *