Home / Politik / Program 100 Hari Edi-Weng: Dari Penertiban Aset dan Perizinan Hingga Penataan Labuan Bajo
Pasangan Edistasius Endi dan Yulius Weng. (kitaindonesia/itho umar)

Program 100 Hari Edi-Weng: Dari Penertiban Aset dan Perizinan Hingga Penataan Labuan Bajo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Pasangan Edistasius Endi dan Yulius Weng (Edi-Weng) hanya tinggal menunggu waktu dilantik sebagai bupati dan wakil bupati Manggarai Barat. Hal tersebut menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang tidak dapat menerima alias menolak permohonan pasangan Maria Geong-Silverius Sukur (MISI) terkait sengketa perselisihan hasil Pilkada Manggarai Barat 2020.

Keputusan ini disambut positif oleh pasangan Edi-Weng, yang pada Pilkada Manggarai Barat diusung Partai NasDem, Partai Golkar, PBB dan PKPI. Dengan keputusan MK tersebut, Edi-Weng juga siap mengemban amanah untuk memimpin Bumi Komodo lima tahun ke depan.

“Keputusan ini final dan mengikat. Dengan demikian, tinggal menghitung hari saja saya bersama Dokter Weng dilantik menjadi bupati dan wakil bupati,” kata Edi Endi, dalam keterangan pers bersama Yulius Weng, di Inaya Bay Komodo, Labuan Bajo, Senin (15/2/2021) malam.

Ia pun memohon doa dan dukungan semua komponen masyarakat, agar harapan dan cita – cita bersama mengantarkan rakyat Manggarai Barat maju dan sejahtera dapat terwujud lima tahun ke depan.

Disinggung soal program 100 hari pertama, Edi Endi mengakui bahwa sesungguhnya pihaknya tidak secara khusus mengagendakan hal tersebut. Sebab bagi pasangan Edi-Weng, sejak dilantik sampai berakhirnya masa jabatan, seluruh hari sama pentingnya.

“Semua hari sejak dilantik sampai berakhir masa jabatan itu waktu yang sama pentingnya. Begitu habis dilantik tentu kami siap untuk menjalankan tugas sebagaimana yang diharapkan oleh segenap rakyat dan komponen yang ada di kabupaten ini,” tutur Edi Endi.

Meski tak secara khusus berbicara tentang program 100 hari, namun Edi Endi mengaku memiliki beberapa prioritas program yang akan mendapat perhatian serius sejak awal masa kepemimpinan.

“Yang pertama, kita pastikan bahwa kita akan menertibkan seluruh aset yang dimiliki oleh pemerintah Kabupaten Manggarai Barat yang ada di daerah ini,” ujar Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Manggarai Barat ini.

Kedua, Edi-Weng ingin memastikan bahwa Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas tidak tercoreng karena masalah kemacetan. Salah satu solusinya adalah mengatur arus ke luar dan masuk Labuan Bajo.

“Supaya tidak macet, tentu kita memberikan edukasi kepada masyarakat. Kita juga akan membuka alternatif beberapa ruas ke luar dan masuk Labuan Bajo,” papar Edi Endi.

Ketiga, Edi-Weng akan menyiapkan tempat – tempat parkir terutama di ruas Jalan Soekarno – Hatta. Ini dilakukan sekaligus untuk mengatasi kemacetan yang selama ini sering terjadi.

“Ada beberapa spot yang kami sudah identifikasi terkait dengan penyiapan lahan parkir. Termasuk kebijakan yang nanti akan dirumuskan dengan Peraturan Bupati supaya kendaraan roda enam, kendaraan bongkar muat, tidak boleh melintasi atau memasuki kawasan Soekarno – Hatta dari jam 4 sore sampai dengan jam 11 malam,” urainya.

Keempat, Edi-Weng berkomitmen untuk membenahi jasa pelayanan terutama di Kantor Perizinan Satu Pintu. Bahkan hal ini akan dilakukan di awal kepemimpinan Edi-Weng.

“Kami akan lakukan ini di hari – hari awal kami memimpin kabupaten ini. Harus hilangkan citra bahwa urusan perizinan di kabupaten ini biasanya lambat, dipersulit. Ini tidak boleh lagi terjadi di bawah kepemimpinan Edi-Weng,” tandas mantan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat ini.

Pada kesempatan yang sama, Edi-Weng tak lupa menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Manggarai Barat yang telah menyukseskan Pilkada 9 Desember lalu. Ia juga secara khusus mengapresiasi, partai pendukung, pengusung, tim hingga relawan yang telah mengantarkan Edi-Weng memenangkan Pilkada Manggarai Barat.

“Terima kasih kepada para paslon 1, 2  dan 4. Secara istimewa saya menyampaikan terima kasih kepada paket nomor urut 2, Paket MISI, yang telah menggunakan hak konstitusinya sehingga proses ini berlanjut sampai di Mahkamah Konstitusi. Tentu kita melihat bahwa ini adalah langkah yang sangat bijak dimanfaatkan oleh Paket MISI. Mereka menggunakan ruang sebagaimana diamanatkan dalam konstitusi,” tutur Edi Endi. (KI-05)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

One comment

  1. Stephanus Rudiman Efendi

    Super pak Bupati terpilih mabar, paparan program tersebut diatas menjadi program prioritas 100 hari kedepan, dan inilah ditunggu2 dari dulu oleh masyarakat.trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *