Home / Peristiwa / Nasional / Presiden Jokowi Umumkan Enam Menteri Baru
Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno, masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju. (istimewa)

Presiden Jokowi Umumkan Enam Menteri Baru

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Isu seputar adanya penyegaran dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju, terjawab sudah. Bertempat di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/12/2020), Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan enam menteri baru dalam kabinetnya.

Presiden Jokowi menunjuk Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial. Selanjutnya, Sandiaga S Uno dipercaya menjadi Menparekraf, Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Budi Gunadi Sadikin menjadi Menteri Kesehatan, Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan, dan KH Yahya Cholil Staquf menjadi Menteri Agama.

Dari keenam nama ini, Tri Rismaharini dan Sandiaga Uno yang sedikit menyita perhatian. Risma yang menggantikan Juliari Batubara, yang kini tengah mendekam di tahanan lantaran kasus dugaan koropsi bansos Covid-19, tentu sudah tak asing lagi bagi publik.

Jejaknya sebagai Wali Kota Surabaya, dinilai banyak kalangan sangat cemerlang. Karena itu, perempuan kelahiran Kediri, 20 November 1961, ini dipandang layak masuk jajaran kabinet. Lulusan S1 Teknik Arsitektur ITS Surabaya dan S2 Manajemen Pembangunan Kota ITS Surabaya ini dua periode memimpin Kota Surabaya.

Sebelum menjadi Wali Kota Surabaya, Risma sudah malang melintang di dunia pemerintahan. Dia pernah menjadi Kepala Bappeko Surabaya, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya, Kepala Badan Penelitian Pengembangan Surabaya, dan beberapa jabatan lainnya.

Selama menjadi Wali Kota Surabaya, beragam penghargaan pernah diraih Risma. Pada tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014, Surabaya pernah meraih penghargaan Adipura untuk Kategori Kota Metropolitan. Risma juga berhasil menjadikan Kota Surabaya sebagai kota yang terbaik partisipasinya se-Asia Pasifik pada tahun 2012 versi Citynet atas keberhasilan pemerintah kota dan partisipasi rakyat dalam mengelola lingkungan.

Lain lagi dengan Sandiaga Uno, yang tak lain adalah Calon Wakil Presiden pendamping Calon Presiden Prabowo Subianto, rival Jokowi pada Pilpres 2019. Sebelum bertarung di Pilpres, Sandiaga duduk sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

Kini, mantan Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu justru masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju. Ia mengikuti jejak Prabowo Subianto, yang terlebih dahulu dipercayakan oleh Jokowi sebagai Menteri Pertahanan. (KI-33)

Check Also

Rencana Bali Dibuka Bagi Wisman, Jamaruli Manihuruk: Petugas Imigrasi Selalu Siap di Lapangan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemerintah berencana membuka pintu bagi kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Indonesia. Sebagai …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *