Home / Peristiwa / Nasional / Presiden Jokowi Memotivasi Pelaku UMKM di Labuan Bajo: Kita Tidak Boleh Menyerah!
Presiden Joko Widodo saat memberikan keterangan kepada wartawan, di objek wisata Batu Cermin Labuan Bajo. (istimewa)

Presiden Jokowi Memotivasi Pelaku UMKM di Labuan Bajo: Kita Tidak Boleh Menyerah!

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Jokowi meluangkan waktu untuk berdialog dengan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), dalam kunjungan kerjanya ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Kamis (1/10/2020).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga memberikan bantuan masing-masing sebesar Rp 2.400.000 per orang kepada 60 pelaku UMKM di ujung barat Pulau Flores itu.

Tak sekadar memberikan bantuan, Presiden Jokowi juga menyulut semangat para pelaku UMKM dengan motivasi. Di tengah situasi serba sulit akibat pandemi Covid-19, Presiden Jokowi meminta para pelaku usaha kecil untuk tidak menyerah.

“Setiap kali saya ke kota, saya mengumpulkan pelaku usaha kecil, usaha mikro. Keadaannya sama. Kita tidak usah mengeluh, tidak boleh menyerah. Semangat kerja tidak boleh kendur. Sehingga saat normal, kita siap memasuki dunia normal kembali,” kata Presiden Jokowi.

Kondisi yang terjadi saat ini, imbuhnya, hampir sama di banyak negara. Semuanya menghadapi situasi yang sama-sama sulit.

“Semuanya sulit, tidak mudah. Negara besar, negara-negara sedang, negara-negara berkembang, negara-negara kecil terkena masalah yang sama,” ujar Presiden Jokowi.

Ia menyebut, ada 215 negara yang mengalami kesulitan yang sama akibat pandemi Covid-19.

BACA JUGA:   Lagi, Kementerian PPPA Bersama KMHDI Salurkan Bantuan untuk Anak Yatim Piatu

“Saya tahu keadaan saat ini tidak mudah. Baik itu usaha mikro, usaha kecil, usaha menengah, maupun usaha besar. Karena semua 215 negara terkena pandemi Covid, pandemi virus corona, sehingga semua pada posisi yang tidak mudah dan pada posisi sulit. Saya tahu, saya kira ini dirasakan oleh bapak – ibu sekalian. Benar, sulit semuanya, sama,” ucapnya.

Ia pun meminta para pelaku UMKM, agar tetap semangat bekerja dan tidak boleh menutup usaha yang sudah ada. Kerja keras harus terus dilakukan, sampai keadaan normal kembali.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Negara pun mengingatkan kepada para pelaku UMKM yang menerima bantuan, agar menggunakannya secara baik untuk pengembangan usaha.

“Saya akan datangi nanti toko, kios ibu nanti. Jangan sampai dipakai untuk beli handphone. Bantuan modal kerja, bukan untuk konsumtif atau nyicil sepeda motor,” tegas Presiden Jokowi, sembari mendorong agar usaha mikro bisa menjadi usaha kecil, usaha kecil bisa menjadi usaha menengah dan usaha menengah bisa menjadi usaha besar. “Selamat bekerja keras,” pungkasnya. (KI-21)

Check Also

Kagumi Jejak Jokowi, Togar Situmorang Mantap Menatap Kursi DKI 1

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Nama advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, belakangan digadang – gadang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *