Home / Politik / Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Kepri, Bengkulu, dan Sumbar
Presiden Jokowi memberi ucapan selamat kepada gubernur dan wakil gubernur yang baru selesai dilantik. (tangkap layar youtube sekretariat presiden)

Presiden Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Kepri, Bengkulu, dan Sumbar

Jakarta (KitaIndonesia.Com) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik Rohidin Mersyah dan Rosjonsyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wagub Kepulauan Riau (Kepri), serta Mahyeldi dan Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wagub Sumatra Barat (Sumbar), di Istana Negara, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Acara pelantikan tersebut diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden (Keppres) oleh Presiden Jokowi kepada masing-masing calon gubernur dan calon wakil gubernur di Istana Merdeka, Jakarta.

Usai penyerahan petikan Keppres, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma’ruf Amin serta Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama ketiga pasangan Calon Gubernur dan Calon Wagub melakukan prosesi Kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Selanjutnya, dilakukan upacara pelantikan.

Berbeda dengan sebelumnya, di masa pandemi ini Kirab dilakukan dengan jumlah barisan pasukan yang lebih sedikit, yaitu hanya dengan empat orang personel.

Upacara pelantikan diawali dengan kumandang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Selanjutnya pembacaan Keppres Nomor 40P Tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatra Barat, Kepulauan Riau, dan Bengkulu Masa Jabatan Tahun 2021-2024.

Usai pembacaan Keppres, kemudian dilakukan pengambilan sumpah jabatan ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.

Upacara pelantikan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada pasangan kepala daerah yang telah dilantik oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, diikuti foto bersama dengan masing-masing pasangan gubernur dan wakil gubernur. (KI-33)

Check Also

Baliho Puan Mejeng di Berbagai Daerah, Pengamat: Untuk Persiapan Pilpres 2024

Jakarta (KitaIndonesia.Com) -Pemasangan baliho Puan Maharani di sejumlah daerah ditengarai sebagai persiapan menghadapi pemilihan presiden …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *