Home / Politik / Pilkada Karangasem, Koalisi NasDem-Golkar Belum Final
Gde Sumarjaya Linggih dan I Nyoman Sugawa Korry. (kitaindonesia.com/san edison)

Pilkada Karangasem, Koalisi NasDem-Golkar Belum Final

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Koalisi Partai Golkar dengan Partai NasDem pada Pilkada Serentak 2020 mendatang, belum final. Demikian halnya dengan rencana koalisi biru-kuning mengusung incumbent IGA Mas Sumatri sebagai calon bupati Karangasem, sejauh ini baru sebatas wacana.

Hal ini disampaikan Plt Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Gde Sumarjaya Linggih, saat dikonfirmasi melalui saluran telepon, Kamis (21/11/2019). Menurut dia, saat ini Partai Golkar belum fokus pada proses penjaringan, karena masih ada agenda nasional di depan mata.

“Belum final. Kami kan masih fokus pada agenda nasional, termasuk Musyawarah Nasional (Munas), Desember mendatang. Untuk tahapan Pilkada Serentak 2020, baru dimulai secara resmi setelah Munas,” jelas Sumarjaya Linggih.

Disinggung terkait kehadiran Mas Sumatri dan jajaran Partai NasDem ke DPD I Partai Golkar Provinsi Bali beberapa waktu lalu, menurut dia, sifatnya silaturahmi sekaligus permohonan dukungan dari Mas Sumatri untuk kembali maju di Pilkada Karangasem 2020.

Dalam silaturahmi tersebut, kata dia, Partai Golkar sama sekali belum memberikan jawaban final untuk bersama – sama dengan Partai NasDem mengusung Mas Sumatri. Walau demikian, Partai Golkar tetap mengapresiasi langkah politik yang dilakukan Mas Sumatri.

“Itu sebatas komunikasi politik. Itu bagus. Tetapi soal apakah Golkar sudah final berkoalisi dengan NasDem dan mengusung Bu Mas, kan belum. Karena kami masih punya proses dan mekanisme penjaringan di internal,” ujar Demer, sapaan akrab anggota Fraksi Partai Golkar DPR RI ini.

Hal tak jauh berbeda dilontarkan Sekretaris DPD I Partai Golkar Provinsi Bali Nyoman Sugawa Korry, saat memberikan keterangan pers di Kantor DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Kamis (21/11/2019) siang. Menurut dia, proses penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk Pilkada Serentak 2020, baru akan dilakukan setelah Munas Partai Golkar.

“Kami masih ada mekanisme dan proses di internal. Secara resmi proses itu menunggu Juklak yang akan ditetapkan dalam Munas nanti. Jadi untuk sementara memang koalisi dengan NasDem belum final,” jelas Sugawa Korry.

Sebelumnya dalam silaturahmi ke DPD I Partai Golkar Provinsi Bali, Mas Sumatri meminta dukungan Partai Golkar untuk bersama – sama mendukung dirinya pada Pilkada Karangasem 2020. Selain secara lisan, Mas Sumatri juga meminta dukungan secara tertulis pada kesempatan tersebut.

Tak hanya untuk Karangasem, harapan agar Partai Golkar berkoalisi dengan Partai NasDem juga dapat dilakukan di lima daerah lainnya yang akan menggelar Pilkada. Kelima daerah lain yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 adalah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Jembrana, dan Bangli. (KI4)

Check Also

Jaga Situasi Kamtibmas, 5 Calon Perbekel Desa Bungbungan Klungkung Lakukan Deklarasi Damai

Klungkung (KitaIndonesia.Com) – Deklarasi damai dilakukan 5 calon Kepala Desa Bungbungan yang akan mengikuti Pemilihan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *