Home / Politik / Pilkada di Masa Pandemi, Togar Situmorang: Jangan Abaikan Kesehatan
Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, saat tampil sebagai narasumber dalam webinar yang diselenggarakan LBH Pemuda Sejati. (istimewa)

Pilkada di Masa Pandemi, Togar Situmorang: Jangan Abaikan Kesehatan

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Advokat senior Togar Situmorang, SH, MH, MAP, kembali tampil sebagai narasumber dalam webinar yang diselenggarakan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pemuda Sejati. Jika sebelumnya tema yang dikupas adalah ‘Hare Krishna Dalam Perspektif Hukum dan Hak Asasi Manusia’, maka kali ini topiknya seputar ‘Politik Covid -19 dan Partisipasi Publik Dalam Menghadapi Pesta Pilkada di Bali’.

Dalam webinar yang dipandu oleh Ketua Umum LBH Pemuda Sejati, I Putu Agus Putra Sumardana, SH, ini Togar Situmorang menilai bahwa pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 memang unik. Pasalnya, seluruh tahapan suksesi kepemimpinan di daerah tersebut berlangsung di tengah wabah virus corona sedang melanda dunia.

“Karena itu, terkait adanya penundaan pelaksanaan Pilkada karena adanya wabah virus corona, memang penting untuk dibahas,” tutur Togar Situmorang, yang juga Ketua Forum Bela Negara Provinsi Bali ini.

Namun karena sudah diputuskan hari pemungutan suara dilaksanakan tanggal 9 Desember 2020, Togar Situmorang berharap agar persiapan secara keseluruhan harus sesuai aturan kesehatan dari pemerintah. Demikian halnya saat pemungutan suara, diharapkan agar masyarakat pemilih tak mengabaikan kesehatan.

“Pada saat melakukan pencoblosan di TPS masing-masing, masyarakat sebagai pemilih dan petugas TPS harus tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, handsanitizer, cek suhu tubuh. Di TPS harus disediakan tempat mencuci tangan,” ujar advokat yang masuk dalam Tim 9 Investigasi Komnaspan RI itu.

Meskipun masih menghadapi masa sulit akibat pandemi Covid-19, Togar Situmorang berharap seluruh tahapan Pilkada bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, Pilkada merupakan amanat undang-undang yang harus dilaksanakan, agar demokrasi bisa tumbuh.

“Yang tak kalah penting, Pilkada juga bisa menciptakan generasi muda hebat dengan latar belakang politik bersih, santun dan wibawa yang akan menjadi pemimpin, bukan sekadar calon oportunis bahkan tidak berasal dari partai politik yang dibesarkan oleh kader-kader setia atau bahasa kerennya ‘penumpang gelap’,” ujar Togar Situmorang, yang juga pengamat kebijakan publik.

BACA JUGA:   Law Firm Togar Situmorang Cabang Jakarta Bagikan Masker kepada Warga

“Harapan kita semua, pandemi Covid-19 ini segera bisa hilang agar tatanan hidup ekonomi masyarakat luas bisa bangkit kembali, terutama di Pulau Bali tercinta ini,” imbuh Founder dan CEO Firma Hukum di Law Firm Togar Situmorang yang beralamat di Jalan Tukad Citarum Nomor 5A Renon, Denpasar (pusat), dan Cabang Denpasar di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 22 Kesiman, Denpasar serta Cabang Jakarta di Gedung Piccadilly Room 1003-1004, Jalan Kemang Selatan Raya Nomor 99, Jakarta Selatan, ini.

Pada kesempatan yang sama, Togar Situmorang juga mengapresiasi  sekaligus mengucapkan terima kasih kepada LBH Pemuda Sejati karena telah memberikan kepercayaan dan kesempatan kepadanya untuk kembali menjadi narasumber dalam kegiatan webinar tersebut.

Webinar ini, menurut Togar Situmorang, sangat luar biasa karena diikuti oleh mereka yang berkompeten di bidangnya masing-masing, seperti Ketua KPU Provinsi Bali, Ketua Bawaslu Provinsi Bali, Ketua KPU Kota Denpasar, Dewan Pers Jakarta, kalangan advokat, hingga masyarakat Bali dan luar Bali.

“Menurut saya, kegiatan webinar sangat baik jika lebih sering dilaksanakan karena bisa mengedukasi masyarakat mengenai suatu hal atau permasalahan yang ada di sekeliling masyarakat dengan menggunakan media online, sehingga lebih efektif, juga tepat waktu serta tidak rumit,” tutur Ketua Hukum RS dr Moedjito Dwidjosiswojo Jombang, Jawa Timur ini.

“Selain itu dengan adanya webinar seperti ini, saya anggap sebagai bentuk pengejawantahan atau pelaksanaan dari tujuan konstitusi negara Indonesia yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Togar  Situmorang. (KI-01)

Check Also

KPU Bali Rancang Green Election

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bali saat ini tengah menginisiasi pola kegiatan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *