Home / Politik / Pilkada Denpasar 2020, AMD Resmi Mendaftar di Partai Golkar
Bakal Calon Wali Kota Denpasar Dr Anak Agung Ngurah Manik Danendra diarak ribuan pendukung saat mendaftar ke Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Denpasar. (istimewa)

Pilkada Denpasar 2020, AMD Resmi Mendaftar di Partai Golkar

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Teka – teki terkait langkah politik Dr Anak Agung Ngurah Manik Danendra yang akrab dipanggil Agung Manik Danendra (AMD) pada Pilkada Kota Denpasar 2020, terjawab sudah. Kamis (30/2/2020) siang, AMD resmi mendaftarkan diri sebagai calon wali kota di DPD Partai Golkar Kota Denpasar.

Sebelumnya, AMD sempat diisukan akan maju melalui jalur perseorangan. Maklum, AMD sudah mengantongi 173.500 dukungan, di mana mayoritas pendukungnya adalah kalangan millenial.

Seperti disaksikan, sebelum mendaftar ke Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Denpasar, di Jalan Surapati Denpasar, ribuan pendukung AMD yang rata-rata adalah kalangan milenial sudah memadati jalanan di kawasan Catur Muka Denpasar. Mereka kemudian dengan meriah menyambut kehadiran AMD di lokasi tersebut.

Selanjutnya, AMD bersama para pendukungnya berjalan kaki menuju Sekretariat DPD Partai Golkar Kota Denpasar. Iring-iringan gong, tarian, borong, tampak memeriahkan prosesi pendaftaran bakal calon wali kota Denpasar ini. Tampak juga mendampingi AMD, para pemangku, pecalang, pagar ayu hingga pesemetonan Puri se-Denpasar.

Di Kantor DPD Partai Golkar Kota Denpasar, rombongan diterima langsung oleh Ketua DPD Partai Golkar Kota Denpasar Wayan Mariyana Wandhira dan jajaran pengurus. AMD pun resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Denpasar melalui partai berlambang pohon beringin itu.

Di sela-sela pendaftaran ini, pemandangan sangat berbeda terlihat. Masyarakat yang hadir tampak antusias. Mereka terlihat optimis menyongsong era perubahan Kota Denpasar di tangan AMD. Ini sekaligus membuktikan bahwa tokoh millenial populis ini mendapat dukungan riil dari semua kalangan.

Yang tidak kalah menarik, di sela-sela pendaftaran tersebut massa tak henti meneriakkan yel – yel AMD – Wandhira. Massa seakan-akan menghendaki AMD berpasangan dengan Mariyana Wandira (AMD – Mandara) pada Pilkada Kota Denpasar 2020.

Sementara itu dalam pendaftaran tersebut, perwakilan anak millenial Kota Denpasar juga sempat berorasi. Mereka menyampaikan bahwa harus ada perubahan di Kota Denpasar.

“Denpasar jangan adem – ayem seperti sebelumnya. Itu-itu saja. Sudah ketinggalan Kota Denpasar dengan kota – kota besar lainnya,” kata salah seorang pemuda dalam orasinya.

Adapun AMD, pada kesempatan tersebut memaparkan Visi “Asri Mandiri Damai” serta Misi “Asta Brata” yang akan diusungnya. AMD juga membeberkan program kerja Millenial 4.0, keterampilan 4.C, dan program kerja 100 hari dengan penataan kota.

“Program kerja Millenial Denpasar Development Fund akan bisa meningkatkan PAD dan menyejahterakan masyarakat Kota Denpasar,” tutur AMD, yang juga notaris senior serta lulusan Program Doktoral Ilmu Pemerintahan IGM dengan predikat sangat memuaskan ini.

Sementara itu salah satu Penglingsir Puri Denpasar yang Kepala Adat Banjar Puri AA Ngurah Putra, menyampaikan bahwa dukungan total Pesemetonan Puri diberikan untuk AMD. Dukungan ini beralasan, mengingat kakek buyut AMD berasal dari Puri Denpasar sebagai pemimpin Perang Puputan Badung tahun 1906. Sementara AMD sendiri bersama ayahndanya, mendirikan Puri Tegal Denpasar Pemecutan di bilangan Desa Pemecutan Klod.

Selanjutnya Pesemetonan Puri Ukiran Pemecutan AA Ngurah Dharma Putra, menyampaikan hal tak jauh berbeda.

“Kakek buyut saya dan AMD sedarah dengan Raja Denpasar (Puri Satria). Puri/ Keraton kami dulu sebelum 1906, berada di barat alun-alun, tepatnya Kodam Udayana sampai Kantor Wali Kota. Perang Puputan Badung
memisahkan Keluarga Puri, tetapi kami tetap merupakan satu kesatuan Pesemetonan Ageng Puri Denpasar,” ucapnya.

Memang tidak diragukan lagi, darah pemimpin mengalir pada sosok AMD yang dari bangku sekolah sudah sukses memimpin organisasi. Track record serta kiprah nyatanya dalam masyarakat pun, sudah teruji. AMD memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan siap ngayah untuk kemajuan Kota Denpasar serta mewujudkan perubahan yang lebih baik sehingga menjadi sejajar dengan kota internasional lainnya. (KI4-AD)

Check Also

Silaturahmi Polda Bali Usai Pilkada Tabanan, Cabup Panji Astika Komit Jaga Kamtibmas Tetap Kondusif

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Polda Bali menggelar silaturahmi dengan Calon Bupati (Cabup) Tabanan Anak Agung Ngurah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *