Home / Politik / Pilkada 2020, Wakil Ketua II DPRD Badung Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih
Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung, Wayan Suyasa. (istimewa)

Pilkada 2020, Wakil Ketua II DPRD Badung Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilih

Mangupura (KitaIndonesia.Com) – Pilkada Kabupaten Badung 2020, mencatatkan sejarah tersendiri. Maklum, untuk pertama kalinya di era pemilihan secara langsung, kontestasi di daerah pariwisata internasional itu hanya diikuti satu pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Adalah pasangan calon petahana, I Nyoman Giri Prasta dan I Ketut Suiasa (Giriasa), yang menorehkan sejarah itu. Pasangan calon yang diusung oleh koalisi PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan Partai Golkar itu akan menghadapi kotak kosong pada Pilkada Badung 2020.

Melawan kotak kosong, tak otomatis pasangan Giriasa akan melenggang mulus memimpin Bumi Keris dua periode. Sebab regulasi mengatur, Pilkada akan dilaksanakan ulang apabila kotak kosong justru ke luar sebagai pemenang.

Atas dasar itu, Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Badung Wayan Suyasa, mengimbau masyarakat Badung untuk menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) tanggal 9 Desember mendatang.

”Saya selaku wakil rakyat dan Pimpinan DPRD Badung mengharapkan dan mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hak pilih dari usia 17 tahun ke atas dan/ atau yang sudah pernah kawin untuk menyalurkan hak pilihnya. Walaupun kita sadari dalam situasi pandemi Covid-19 ini masyarakat dibatasi aktivitasnya, namun menyalurkan hak pilih juga merupakan tanggung jawab untuk masa depan Badung yang lebih baik,” kata Suyasa, saat ditemui di ruang kerjanya di DPRD Badung, Selasa (6/10/2020).

Menurut Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Badung ini, masyarakat harus menghormati hak dan kewajibannya yang diberikan oleh pemerintah. Karena itu, masyarakat diharapkan tetap mengatur waktu untuk bisa ke TPS.

”Hajatan pesta demokrasi bersama 9 Desember mendatang, yakni pemilihan kepala daerah, adalah hak masyarakat memilih, dan itu diberikan kewenangan penuh oleh aturan dalam proses Pilkada ini. Karena itu, saya selaku wakil rakyat mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya. Aturlah waktu agar bisa menentukan pilihan,” ajaknya.

Disinggung adanya riak-riak di internal Partai Golkar karena rekomendasi tidak sesuai dengan hasil penyaringan di tingkat bawah, Suyasa menanggapinya santai. Bahkan, menurut dia, hal itu sudah tidak ada masalah lagi.

”Sudah tidak ada lagi,” ucapnya, sembari tersenyum. Meski begitu, ia tak menampik jika ada kader yang kecewa dan tidak puas. Selaku Ketua DPD II Partai Golkar Golkar Kabupaten Badung maupun pribadi, Suyasa tetap menghormati dan menghargai kader-kader partai yang loyal dan memiliki idealisme partai.

Ia lalu membeberkan, bahwa pihaknya sesungguhnya sudah berusaha maksimal untuk menggali potensi kader-kader partai agar bisa menjadi calon pada Pilkada Serentak 2020. Pihaknya bahkan sudah menjaring dan sudah menelorkan bakal pasangan calon.

Akan tetapi, penilaian dan keputusan akhir adalah hak DPP Partai Golkar. Tentunya sebelum menerbitkan rekomendasi, pimpinan partai di pusat sudah mencermati banyak hal.

“Jadi itu adalah ranah pimpinan Partai Golkar di pusat. DPP Partai Golkar pada akhirnya memberikan rekomendasi kepada pasangan Giriasa,” jelas Suyasa.

Ia pun mengimbau dan mewajibkan seluruh kader Partai Golkar di Badung, mulai dari pengurus DPD II Kabupaten Badung, pimpinan kecamatan, pimpinan desa dan pimpinan di masing-masing banjar, untuk bekerja memenangkan paket Giriasa.

“Sekali lagi kalau memang kita yakini dan loyal terhadap partai, apapun perintah partai kita laksanakan. Itu adalah prinsip berorganisasi. Kami hargai perbedaan pandangan, kami hargai adanya kekecewaan, akan tetapi segala sesuatu ada akhirnya. Kita harus mendukung paket Giriasa. Mari kita amankan dan mari kita menangkan Giriasa pada 9 Desember,” pungkas Suyasa. (KI-03)

Check Also

Tjokorda Tabanan bersama Sabantara Pekaseh se-Kabupaten Tabanan All Out Menangkan Paket Jaya Wira

Tabanan (KitaIndonesia.Com) – Dukungan terhadap Pasangan Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Tabanan, I …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *