Home / Nusantara / Petugas Medis Ambil Sampel Swab Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Mabar
Keluarga dan kerabat pasien positif Covid-19 menjalani tes Swab di RSUD Komodo, Labuan Bajo. (kitaindonesia.com/itho umar)

Petugas Medis Ambil Sampel Swab Keluarga Pasien Positif Covid-19 di Mabar

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur, terus mengambil langkah guna memutus mata rantai penyebaran virus corona di daerah pariwisata itu. Salah satunya adalah dengan mengambil sampel Swab keluarga pasien positif Covid-19.

Pengambilan sampel Swab tersebut dilakukan tenaga medis di RSUD Komodo, Labuan Bajo, Kamis (28/05/2020). Pengambilan sampel Swab dilakukan terhadap 102 orang, yang berdasarkan hal penelusuran pernah kontak dengan pasien positif virus corona.

“Kami selama ini membentuk tim untuk melakukan penyelidikan dan tracing. Untuk yang kontak dekat terutama keluarga, telah dilakukan isolasi mandiri di rumah. Upaya selanjutnya adalah pengambilan sampel Swab,” jelas Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Yohanes Johan.

Sejauh ini, menurut dia, sebanyak 102 orang yang melakukan kontak erat dengan 14 pasien positif Covid19 di Manggarai Barat, baik keluarga maupun kerabat pasien. Ke-102 orang ini yang kemudian melakukan tes Swab.

Mereka diantar ke RSUD Komodo untuk melakukan pengambilan sampel Swab. Rencananya, sampel Swab tersebut akan dikirim ke Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) RSUD Prof WZ Yohanes Kupang dalam waktu dekat,” papar Yohanes Johan.

Secara umum, imbuhnya, tidak ada yang mengkhawatirkan. Namun, pasien positif Covid l-19 akan tetap diawasi sesuai dengan SOP. Saat ini, 10 pasien positif Covid19 sedang diisolasi di RSUD Komodo. Kondisi ke-10 pasien tersebut semakin membaik dan stabil.

Ia mengingatkan, dalam penanganan pasien Covid-19 ini harus mendapat dukungan dari masyarakat sekitar. Tanpa dukungan lingkungan, apalagi sampai dikucilkan, justru akan menyulitkan penanganan.

“Masalah virus corona ini bukan aib. Namun harus tetap waspada, dengan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga jarak,” pungkas Yohanes Johan. (KI21)

Check Also

Sebanyak 6.619 Jiwa Terdampak Banjir di Pekalongan

Jakarta (KitaIndonesia.Com) – Hujan dengan intensitas tinggi terjadi di Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah, sejak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *