Home / Peristiwa / Nasional / Pesawat Airbus 300 Akan Mendarat di Bandara Komodo
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela meninjau kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo. (istimewa)

Pesawat Airbus 300 Akan Mendarat di Bandara Komodo

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pemerintah akan mengubah total wajah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah megaproyek pun mulai digarap, dan diharapkan semuanya rampung di penghujung 2020 ini.

Dari beberapa proyek prestisius yang dicanangkan Jokowi untuk mempercepat penataan ‘Bali Baru’ itu, satu di antaranya adalah terkait perluasan Bandara Komodo Labuan Bajo. Proyek perluasan bandara tersebut dimulai awal tahun ini.

“Awal bulan ini, awal tahun ini. Nanti akan selesai juga akhir tahun. Baik itu perpanjangan runway maupun perbaikan secara total dari terminal yang ada. Semuanya paralel, berbarengan semuanya,” jelas Jokowi, di Labuan Bajo, Senin (20/1/2020).

Hal tak jauh berbeda dijelaskan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang turut mendampingi Presiden dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo. Menurut Budi, Kementerian Perhubungan akan menambah panjang landasan pacu di Bandara Komodo.

Dengan peningkatan kapasitas itu, diharapkan pesawat berbadan besar, Airbus 300, bisa mendarat di Bandara Komodo. Untuk rencana ini, maka runway Bandara Komodo akan diperpanjang menjadi 2.750 meter.

Runway akan menjadi 2.750 meter. Jadi akan bisa masuk pesawat berbadan besar. Bukan Boeing 777, tapi Airbus 300,” papar Budi.

Ia menambahkan, pengerjaan runway Bandara Komodo akan segera dilakukan. Saat ini, proses pembebasan lahan masih dilakukan.

“Untuk bandara, runway, akan segera dibangun. Tapi sekarang sedang pembebasan tanah dulu,” ujar Budi. (KI4)

Check Also

Rakernas PERADI Sukses, Togar Situmorang Kembali Suarakan Dukungan untuk ‘Single Bar’

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) pimpinan Prof Otto Hasibuan, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *