Home / Nusantara / Perketat Pengawasan Warga di Labuan Bajo, Gugus Tugas Covid-19 Bangun Pos Pemeriksaan
Wakil I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat yang juga Wakil Bupati Manggarai Barat, Maria Geong, saat memeriksa kesiapan pos pemeriksaan di pintu masuk dan ke luar Dermaga Kampung Ujung, Labuan Bajo. (kitaindonesia.com/itho umar)

Perketat Pengawasan Warga di Labuan Bajo, Gugus Tugas Covid-19 Bangun Pos Pemeriksaan

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, mulai memperketat pengawasan warga di wilayah itu. Salah satunya dengan membangun check point (pos pemeriksaan) di beberapa titik di Labuan Bajo.

Pantauan kitaindonesia.com, beberapa check point di antaranya dibangun di Pertamina Pasar Baru, Desa Gorontalo; Patung Caci, Desa Batu Cermin; serta Dermaga Kampung Ujung Labuan Bajo.

“Pembuatan check point secara serentak pada beberapa titik strategis ini merupakan langkah serius pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Manggarai Barat,” kata Wakil I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai Barat, Maria Geong, saat memeriksa kesiapan pos pemeriksaan di pintu masuk dan ke luar Dermaga Kampung Ujung, Labuan Bajo, Selasa (06/05/2020) sore.

Pos pemeriksaan di Patung Caci, Desa Batu Cermin, Labuan Bajo.(kitaindonesia.com/itho umar)

Di setiap pos pemeriksaan, demikian Maria Geong, akan dilibatkan unsur-unsur terpadu seperti dari Polri, TNI, Pol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta pemerintah kecamatan dan desa.

“Kami sudah mensyaratkan apa saja yang harus mereka periksa dan pembinaan apa yang harus diberikan. Pendatang atau pengguna jalan harus turun mencuci tangan, pakai masker, di dalam mobil wajib jaga jarak. Kalau datang dari luar kota akan ditanya apa kepentingannya di dalam kota ini (Labuan Bajo), dan yang dari luar Manggarai Barat wajib menunjukkan KTP,” papar Maria Geong, yang juga Wakil Bupati Manggarai Barat.

Ia menambahkan, diperketatnya pengawasan ini hanya bersifat sementara. Ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Semua ini hanya bersifat sementara. Kalau ada hal yang sangat penting sekali ya, silahkan ke luar rumah. Dan saya minta orang-orang dari luar Manggarai Barat jangan dulu datang ke Labuan Bajo kalau itu tidak penting. Warga Labuan Bajopun demikian. Tidak perlu ke luar rumah kalau itu tidak penting, karena virus ini sudah ada di dalam daerah kita, sudah ada dua orang yang dinyatakan positif Covid-19” tegas Maria Geong.

Sementara itu Danramil 1612-02/Komodo Kapten Inf I Nyoman Sukada mengatakan, operasional check point ini akan dimulai Kamis, 7 Mei 2020. Menurut dia, pos pemeriksaan yang ada akan dijaga gabungan personel TNI-Polri, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan, dinas terkait serta aparat desa setempat. (KI21)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *