Hukum

Perkara Tanah Keranga, Veronika Syukur Divonis Pidana Penjara 7 Tahun 6 Bulan

Kupang (KitaIndonesia.Com) – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang menjatuhkan vonis pidana penjara 7 tahun 6 bulan untuk Veronika Syukur, salah satu Terdakwa dalam kasus tindak pidana korupsi pengalihan aset tanah Pemkab Manggarai Barat (Mabar) yang terletak di Toro Lemma Batu Kallo/ Keranga, Labuan Bajo.

Vonis dibacakan Majelis Hakim dalam sidang pembacaan putusan yang berlangsung di Pengadilan Negeri Kupang, Senin 5 Juli 2021. Sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Wari Juniati, SH, MH, didampingi Hakim Anggota Teddy Windiartono, SH, MH, dan Ibnu Kholik, SH, MH.

Selain pidana penjara 7 tahun 6 bulan, Terdakwa Veronika Syukur juga didenda sebesar Rp1 miliar subsider pidana kurungan 3 bulan. Terdakwa juga diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp650 juta, yang harus dibayar dalam waktu 1 bulan setelah putusan.

Apabila uang pengganti tidak dibayar maka akan dilakukan pelelangan harta benda Terdakwa. Namun jika harta bendanya tidak mencukupi, maka diganti dengan pidana penjara 3 tahun.

Dalam amar putusannya, Majelis Hakim menilai Terdakwa Veronika Syukur tidak terbukti secara sah dan menyakinkan dalam dakwaan kedua dan ketiga UU TPPU. Namun demikian, Terdakwa terbukti secara sah dan menyakinkan dalam dakwaan kesatu primair sebagaimana diatur Pasal 2 ayat (1) UU TPK.

“Menghukum Terdakwa Veronika Syukur dengan pidana penjara tujuh tahun enam bulan dan denda sebesar satu miliar Rupiah subsider pidana kurungan tiga bulan,” kata Majelis Hakim, saat membacakan amar putusan.

Dalam sidang yang dihadiri Jaksa Penuntut Umum (JPU) Herry Franklin, SH, MH; Emerensiana MF Jehamat, SH; Hendrik S Tiip, SH; dan Hero Ardi Saputro, SH, ini Majelis Hakim juga memerintahkan agar Terdakwa tetap dalam tahanan.

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Kupang telah menjatuhkan vonis untuk 14 Terdakwa lainnya dalam perkara tanah Keranga ini.

Satu di antaranya adalah Agustinus Ch Dulla, mantan bupati Mabar dua periode, yang divonis pidana penjara 7 tahun dan denda Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara. (KI-01)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button