Home / Peristiwa / Nasional / Percantik Labuan Bajo, Jokowi Sampai Urus Sampah
Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat terbatas di Hotel Plataran Komodo, Labuan Bajo. (istimewa)

Percantik Labuan Bajo, Jokowi Sampai Urus Sampah

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak main-main dalam mewujudkan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai salah satu ‘Bali Baru’. Sudah tiga kali Jokowi mengunjungi daerah yang akan dijadikan destinasi super premium ini.

Yang terbaru, Kepala Negara melakukan kunjungan kerja ke Labuan Bajo, 19-21 Januari 2020. Selama tiga hari, Jokowi menghadiri beberapa acara, meninjau progres pengembangan kawasan Puncak Waringin, hingga menggelar rapat terbatas di ujung barat Pulau Flores itu.

Dalam keterangan kepada wartawan usai rapat terbatas di Hotel Plataran Komodo, Labuan Bajo, Senin (20/1/2020), Jokowi kembali menyatakan tekad besarnya untuk mempercantik paras “Bumi Komodo”. Tak hanya berkomitmen menyelesaikan sejumlah megaproyek, mantan Gubernur DKI Jakarta ini bahkan juga mengurus masalah sampah.

Presiden menyebut, penanganan sampah akan dilakukan secara maksimal, baik untuk sampah di laut maupun di darat. Teknis penanganan sampah ini bahkan dibahas khusus dalam rapat terbatas yang dipimpin langsung Kepala Negara.

“Dua, sampah yang ada di laut dan sampah yang ada di darat. Yang ada di laut, tadi sudah diputuskan kita akan kirim di sini kapal untuk membersihkan dan mulai Februari nanti kita juga akan bergerak ke bawah laut untuk mengambil sampah. Meskipun belum banyak, tapi harus dimulai. Jangan sampai ada sampah di Labuan Bajo,” jelasnya.

“Yang di darat, nanti Kementerian PU akan mempersiapkan incinerator dan juga tempat pembuangan sampah akhirnya. Dan yang paling penting juga pendidikan masyarakat mengenai budaya sampah,” lanjut Presiden.

Tak hanya sampah, Jokowi juga berkomitmen untuk menjawab keluhan soal ketersediaan air minum bersih di kota kecil itu. Presiden mengaku pasukan air sudah ditambah 100 mililiter/ detik. Bahkan Kementerian Pekerjaan Umum juga disebutnya tengah mempersiapkan tambahan yang lebih besar lagi.

Soal air bersih ini bahkan menjadi salah satu dari delapan komitmen Presiden dalam penataan Labuan Bajo. Tujuh komitmen lainnya adalah pembangunan pelabuhan kargo untuk peti kemas, revitalisasi pelabuhan lama di Labuan Bajo, penataan Puncak Waringin, peningkatan penataan Gua Batu Cermin, pengembangan SDM, perluasan Bandara Komodo, hingga menyiapkan helikopter untuk penanganan kecelakaan kapal di laut.

Diketahui, Senin (20/1/2020), Presiden memimpin rapat terbatas terkait penataan Labuan Bajo di Hotel Plataran Komodo, meninjau lokasi pembangunan dermaga niaga di Menjerite, Rangko, serta meninjau penataan kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo. (KI21)

Check Also

Presiden Jokowi Rayakan Ultah Ke-60, Togar Situmorang: Pemimpin Amanah, Indonesia Pasti Cepat Pulih

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merayakan ulang tahun yang ke-60, Senin 21 Juni …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *