Home / Nusantara / Pemkot Denpasar Telah Salurkan BLT Dana Desa kepada 4.590 KK
Penyerahan BLT Dana Desa kepada warga di Kota Denpasar. (istimewa)

Pemkot Denpasar Telah Salurkan BLT Dana Desa kepada 4.590 KK

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Pemkot Denpasar menyalurkan secara bertahap Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada warga terdampak Covid-19 di ibu kota Provinsi Bali itu. Senin (18/5/2020), BLT Dana Desa diserahkan kepada warga di Desa Pemecutan Kaja.

Bantuan diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Denpasar IB Alit Wiradana, disaksikan anggota DPRD Kota Denpasar Eko Supriadi, Camat Denpasar Utara Nyoman Lodra, dan aparat desa setempat.

“Kali ini BLT Dana Desa diserahkan kepada 335 KK di desa ini,” kata Alit Wiradana.

Ia menjelaskan, ada total 4.760 KK yang mendapatkan BLT Dana Desa di Kota Denpasar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.590 KK yang telah menerima bantuan.

“Jadi, tinggal 170 KK lagi yang belum terima. Untuk sisanya, kami targetkan sebelum tanggal 24 Mei telah dicairkan dan diterima masyarakat,” jelas Alit Wiradana.

Menurut dia, BLT Dana Desa yang tersisa tersebut akan disalurkan untuk 170 KK di Desa Padang Sambian. Pencairan BLT ini belum bisa dilakukan, karena pihaknya dan desa setempat masih melakukan pendataan. Dengan pendataan yang selektif, diharapkan bantuan ini bisa diberikan dengan tepat sasaran.

“4.760 KK yang mendapatkan BLT Dana Desa ini merupakan keluarga miskin, keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau keluarga  yang tidak mampu menopang perekonomian karena terdampak pandemi Covid-19. Dengan bantuan tersebut, diharapkan mereka bisa memanfaatkan untuk membeli kebutuhan hidupnya terutama di masa-masa pandemi Covid-19 saat ini,” paparnya.

Alit Wiradana menambahkan, BLT Dana Desa merupakan dana yang disalurkan ke  masyarakat melalui rekening buku tabungan. Dengan begitu, tidak ada pemotongan atas dana tersebut.

“Satu KK mendapat bantuan sebanyak Rp 600 ribu setiap bulannya selama tiga bulan terhitung dari bulan April, Mei dan Juni,” ucapnya.

Untuk masyarakat yang mendapatkan bantuan ini, pihaknya mengacu pada surat Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia. Bantuan ini diberikan kepada  keluarga miskin di desa dengan kategori, keluarga yang kehilangan mata pencaharian/ pekerjaan atau tidak mampu menopang ekonomi  keluarganya selama tiga bulan, keluarga yang belum terdata menerima Program Keluarga Harapan/ PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), kartu prakerja serta yang memiliki anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

Sementara itu salah satu masyarakat yang telah menerima BLT Dana Desa, I Putu Wenten, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas bantuan yang diberikan ini. Menurut dia9, bantuan tersebut sangat membantu, mengingat dirinya tidak memiliki mata pencaharian karena mengalami sakit kronis sejak lama.

“Saya tidak bisa bilang apa-apa selain ucapan terima kasih atas bantuan dan perhatiannya,” tuturnya. (KI4)

Check Also

Ajak Masyarakat Vaksin dan Jaga Imun, Togar Situmorang: Jangan Remehkan Virus Corona!

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Hampir dua tahun dunia dirundung bencana wabah virus corona. Virus yang berasal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *