Home / Kesehatan / Panji Astika Telah Salurkan 6.000 Liter Disinfektan Gratis Ke Masyarakat

Panji Astika Telah Salurkan 6.000 Liter Disinfektan Gratis Ke Masyarakat

Tabanan (KitaIndonesia.com) – Menyikapi penyebaran coronavirus (COVID-19) yang semakin meluas, Tokoh Tabanan AA Panji Astika, ST., sudah sejak Senin (23/3) lalu menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat dengan membagikan cairan disinfektan dalam kemasan botol air mineral yang diproduksi secara mandiri bersama Relawan Panji Tabanan. Cairan pembunuh kuman dan virus berbasis hydrogen peroxida (H2O2) dengan kandungan 5% tersebut rata-rata setiap harinya menghabiskan 1.000 hingga 1.200 liter disinfektan dalam rentang waktu 23 s/d 29 Maret 2020. Hingga saat ini Minggu (29/3) lebih dari 6.000 botol disinfektan sudah disalurkan ke ribuan masyarakat secara cuma-cuma di jaba Puri Anom Tabanan.

“Kemarin kita buka waktu pengambilan dari pukul 9 pagi sediakan 1.100 botol sorenya sudah ludes. Hari ini 1.200 botol juga habis. Ratusan masyarakat yang setiap hari ke sini kita sarankan tetap jaga jarak (physical distancing) saat pengambilan paling tidak 2 meter guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ujar Tokoh Budaya yang memiliki visi Ngardi Loka Hita Tabanan ini.

Panji Astika juga mengingatkan agar pada saat melaksanakan penyemprotan disinfektan selalu menggunakan menggunakan alat pelindung diri karena cairannya bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

“Semprotlah benda-benda atau barang-barang yang sering dipegang manusia seperti gagang pintu, kursi, meja, tembok, lantai dll. Gunakan selop tangan, masker dan kaca mata guna menghindari iritasi,” urai Panji Astika yang juga bakal Calon Bupati Tabanan yang diusung Partai Golkar dan NasDem dalam Pilkada Tabanan 2020 mendatang.

Warga yang mengambil disinfektan tidak hanya berasal dari Kecamatan Kota Tabanan namun seluruh kecamatan di kabupaten yang dijuluki Lumbung Beras tersebut. Salah seorang warga dari Penebel, Ni Kadek Megawati merasa bersyukur mendapatkan cairan untuk menyemprot dan membunuh kuman ataupun virus tersebut.

“Tak lupa saya sampaikan terima kasih banyak kepada Turah Panji (panggilan akrab AA Ngurah Panji Astika) karena selama ini saya sangat sulit memperoleh disinfektan di toko-toko manapun. Kalaupun ada, harganya mahal sekali. Di saat barang langka justru Turah Panji membagi secara gratis buat masyarakat, ini bagi saya wujud kepedulian yang luar biasa,” tandasnya kepada tabananbicara.com

Pendapat yang senada juga dikatakan seorang warga Pupuan, Wayan Arnata yang dari sengaja datang ke Puri Anom karena membaca status di Halaman Facebook “Panji Tabanan” adanya kegiatan bagi-bagi disinfektan cuma-cuma kepada masyarakat umum.

“Saya sangat salut dengan Turah Panji. Beliau cepat tanggap dalam menyikapi wabah COVID-19 ini sedangkan dari pemerintah daerah belum saya lihat punya gerakan semacam ini. Ini saya pake nyemprot di area rumah sendiri. Sekali lagi terima kasih Turah Panji Astika,” ujarnya girang.

Ada juga Ketut Parwata warga dari Tuakilang Tabanan yang membawa jerigen dengan alasan pelaksanaan disinfeksi massal wilayah di kampungnya.

“Iya kami sudah mohon dengan amat sangat kepada Turah Panji Astika agar diijinkan pengambilan dengan jerigen karena kami ingin menyemprot lingkungan banjar kami bersama warga lainnya. Mudah-mudahan mata rantai penyebaran virusnya dapat diputus dengan disinfeksi dan badai cepat berlalu,” pungkasnya.

Check Also

Percepat Herd Immunity, Bali Mengaji Gelar Vaksinasi Massal

Denpasar (KitaIndonesia.Com) – Vaksinasi Covid-19 untuk percepatan herd immunity tidak hanya dilakukan oleh pemerintah, namun …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *