Home / Politik / PAN Lirik Figur Yang Mampu Lanjutkan Pembangunan di Manggarai Barat
Pasangan Mateus Hamsi - Tobias Wanus saat mendaftar di Sekretariat DPD PAN Manggarai Barat. (kitaindonesia.com/itho umar)

PAN Lirik Figur Yang Mampu Lanjutkan Pembangunan di Manggarai Barat

Labuan Bajo (KitaIndonesia.Com) – Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi partai penguasa selama dua periode di Kabupaten Manggarai Barat. Dua kali berstatus sebagai juara tiga perolehan kursi DPRD Kabupaten Manggarai Barat (3 kursi dari total 30 kursi, Red), masing-masing pada Pemilu 2014 dan 2019, PAN justru tampil sebagai penguasa di ‘Bumi Komodo’ dengan memenangkan Pilkada 2010 dan 2015.

PAN sukses mengantarkan pasangan Agustinus Ch Dula – Maksimus Gasa sebagai bupati dan wakil bupati pada Pilkada Manggarai Barat 2010 serta memenangkan pasangan Agustinus Ch Dula – Maria Geong sebagai bupati dan wakil bupati pada Pilkada Manggarai Barat 2015. Agustinus Ch Dula saat ini merupakan Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat.

Dengan capaian pada dua kali Pilkada terdahulu ini, maka tak berlebihan jika manuver politik PAN cukup menentukan pada Pilkada Manggarai Barat 2020 mendatang. Siapa yang diusung PAN sebagai calon bupati dan wakil bupati Manggarai Barat, memang belum pasti. Namun, partai itu kini sedang melakukan penjaringan bakal calon.

Dalam penjaringan tersebut, PAN memastikan akan melirik figur yang mampu untuk melanjutkan pembangunan di ujung barat Pulau Flores itu. Karena itu, PAN akan mengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati yang dipastikan memenangkan Pilkada Manggarai Barat.

“Ketua DPD PAN Manggarai Barat adalah Bupati Dula, bupati Manggarai Barat dua periode. PAN sudah terbukti membangun Manggarai Barat, sehingga kita membutuhkan calon bupati dan wakil bupati yang serius melanjutkan pembangunan dan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Manggarai Barat,’’ kata Wakil Ketua DPD PAN Kabupaten Manggarai Barat Marselinus Jeramun, di Labuan Bajo, Jumat (15/11/2019).

Untuk proses penjaringan ini, pihaknya sudah membuka pendaftaran sejak 12 November 2019. Seluruh pasangan calon yang mendaftar, nantinya akan mengikuti tahapan – tahapan selanjutnya di internal hingga terbitnya rekomendasi terkait pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung PAN.

Sementara itu pada hari ketiga penjaringan dibuka, Kamis (14/11/2019), Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Manggarai Barat Mateus Hamsi mendaftarkan sebagai bakal calon bupati ke Sekretariat DPD PAN Manggarai Barat. Mantan Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat ini hadir bersama bakal calon wakil bupati yang mendampinginya pada Pilkada 2020, Tobias Wanus.

Dalam pendaftaran tersebut, Mateus Hamsi menegaskan bahwa dirinya bersama Tobias Wanus memiliki niat yang serius untuk membangun Manggarai Barat lima tahun ke depan. Sebagai bentuk keseriusan, Paket HATI telah mendaftar ke beberapa partai, termasuk PAN.

Paket HATI membutuhkan dukungan partai lain karena Partai Golkar hanya memiliki modal 3 kursi di DPRD Kabupaten Manggarai Barat atau 10 persen, hasil Pemilu Legislatif 2019. Pihaknya berharap, PAN bisa memberikan dukungan kepada Paket HATI untuk melanjutkan kepemimpinan lima tahun ke depan.

“Kami mendaftar di PAN, sekaligus ingin mengajak pengurus dan simpatisan PAN untuk bersama-sama membangun Manggarai Barat agar ke depan lebih hebat dan lebih baik lagi. PAN merupakan partai yang sedang berkuasa selama 10 tahun di Manggarai Barat. Sehingga sangat penting Gokar dan PAN untuk bersama melanjutkan pembangunan berbagai sektor di Manggarai Barat,” kata Mateus Hamsi.

“Ucapan terima kasih bahwa kami sudah diterima dengan baik di Sekretariat DPD PAN Manggarai Barat. Saya ingin bersama- sama dengan partai yang ada di Manggarai Barat, khususnya PAN, agar bersama kami berjuang mengisi pembangunan di Kabupaten Manggarai Barat. Mudah-mudahan niat kami ini dibalas baik, dan kami akan mengikuti seluruh proses di PAN,” pungkasnya. (KI21)

Check Also

Jaga Situasi Kamtibmas, 5 Calon Perbekel Desa Bungbungan Klungkung Lakukan Deklarasi Damai

Klungkung (KitaIndonesia.Com) – Deklarasi damai dilakukan 5 calon Kepala Desa Bungbungan yang akan mengikuti Pemilihan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *